Rusak Akibat Diserang Hama, Asuransi Bantu Sejumlah Petani di Lombok Barat Hindari Kerugian,

Rusak Akibat Diserang Hama, Asuransi Bantu Sejumlah Petani di Lombok Barat Hindari Kerugian,
Ilustrasi (Merdeka.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 16 Februari 2021 10:18 WIB

Terasjabar.id - Sejumlah petani di Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat, terbantu dengan program asuransi pertanian. Petani yang mengasuransikan lahan tidak menderita kerugian, meski sekitar 150 hektar tanaman padi dan jagung milik petani di wilayah Lombok Barat (Lobar) rusak akibat diserang hama tikus.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo mengatakan asuransi memiliki banyak manfaat buat petani.

"Dengan asuransi, petani tidak hanya bisa beraktivitas dengan tenang. Asuransi juga membuat petani bisa terhindar dari kerugian. Karena, asuransi memiliki klaim yang akan dikeluarkan jika lahan pertanian gagal panen," katanya, Senin (15/2).

Hal senada disampaikan Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementerian Pertanian, Sarwo Edhy.

"Petani yang lahan pertaniannya gagal panen, akan mendapatkan klaim sebesar Rp 6 juta perhektare. Dengan klaim ini, petani tidak akan menderita kerugian. Sebaliknya petani tetap memiliki modal untuk tanam kembali," katanya.

FOLLOW JUGA :

Sarwo Edhy mengatakan, pemerintah memberikan perhatian serius terhadap program asuransi.

"Kita pengguna asuransi bisa semakin meningkat. Karena dengan asuransi ini produksi pertanian bisa terjaga dan petani pun tidak akan menderita kerugian. Dalam kondisi apa pun pertanian bisa terus berjalan dengan didukung asuransi," katanya.

Juaini, petani di Dusun Bangket Punik, Desa Golong, Kecamatan Narmada, Lobar menuturkan terdapat 150 hektar tanaman padi dan jagung di daerah itu diserang hama tikus.

"Kita di Golong Narmada ini, banyak tanaman padi dan palawija diserang hama tikus," jelasnya.

Musim tanam tahun lalu, hampir semua tanaman juga diserang hama tikus. Namun setidaknya petani telah dibantu berupa asuransi dari Jasindo. Karana semua petani di desanya dimasukkan di asuransi Jasindo, sehingga asuransi ini sangat membantu petani di kala susah.

Disadur dari Merdeka.com 

Petani Lombok Barat Program Asuransi Pertanian Pandmei Covid-19 Hama


Loading...