Dinyatakan Positif Covid-19 Berdasarkan HAsil GeNose Test, Calon Penumpang Kereta Api Tak Boleh Berangkat, Begini Nasib Tiketnya

Dinyatakan Positif Covid-19 Berdasarkan HAsil GeNose Test, Calon Penumpang Kereta Api Tak Boleh Berangkat, Begini Nasib Tiketnya
(Tribun Jabar/Nazmi Abdurrahman : Google)
Editor: Epenz Teras Bandung —Selasa, 16 Februari 2021 08:01 WIB

Terasjabar.id - PT KAI Dop 2 Bandung bakal membatalkan perjalanan calon penumpang  yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil GeNose test

Kemarin, Senin (15/2/2021), PT KAI Daop 2 Bandung mulai menggunakan GeNose test sebagai alternatif untuk penumpang melakukan tes bebas Covid-19 sebelum berangkat ke daerah tujuannya.

"Mekanisme dari kami akan membatalkan perjalanan pengguna jasa tersebut dan kami kembalikan semua dananya 100 persen. Nanti pengguna jasa tersebut silakan jika ingin melakukan rapid antigen atau PCR di tempat lain," ujar Manajer Humas PT KAI Dop 2 Bandung, Kuswardoyo, di Stasiun Kereta Api Bandung, Senin (15/2/2021). 

Kuswardoyo mengatakan, sekitar 230 calon penumpang telah menggunakan GeNose test sebelum memulai perjalanannya menggunakan kereta api. 

FOLLOW JUGA :

"Layanan ini sebagai alternatif bagi pengguna jasa kereta api selain layanan atigen dan layanan PCR. Untuk hari pertama sudah ada sekitar 230 orang yang menggunakan layanan ini. Alhamdulillah semuanya negatif," katanya. 

Setiap penumpang yang akan melakukan GeNose test diwajibkan memiliki tiket dan kode booking yang sudah terbayar lunas.

Selain itu, calon penumpang tidak minum, makan, atau merokok selama 30 menit sebelum tes.

Hasil dari GeNose pun hanya tiga menit. 

Suasana bagian dalam Loko Coffee Shop di Stasiun Bandung, Kota Bandung, Rabu (27/11/2019).
Suasana bagian dalam Loko Coffee Shop di Stasiun Bandung, Kota Bandung, Rabu (27/11/2019). (Tribun Jabar/Putri Puspita Nilawati)

"Kenapa kami menganjurkan seperti itu, karena dalam alat ini yang kita cek adalah udara yang keluar dari paru-paru."

"Apabila makan dan minum, nanti akan terpengaruh dari rongga mulutnya tadi. Alat ini sangat sensitif sehingga dapat berdampak pada hasilnya," ucapnya. 

Menurutnya, penumpang dapat memilih mau menggunakan layanan yang mana, rapid test antigen atau GeNose.

Sebab, kata dia, kedua alat ini sudah lolos uji cola dan memiliki kualitas yang baik. 

"Ketika kami diperintahkan untuk mengadakan layanan ini, artinya layanan ini sudah memiliki kualitas yang baik. GeNose sendiri tercatat tingkat akurasinya sampai 95 persen," katanya.



Disadur dari Tribunjabar.id

PT KAI Daop 2 Bandung Pandemi Covid-19 GeNose Test PCR


Loading...