Survei Pilgub DKI Median: Anies Dibuntuti Risma, Muncul Nama Baim Wong

Survei Pilgub DKI Median: Anies Dibuntuti Risma, Muncul Nama Baim Wong
Editor: Malda Hot News —Senin, 15 Februari 2021 14:49 WIB

Terasjabar.id - 

Lembaga survei Median merilis hasil survei elektabilitas terkait Pilgub DKI Jakarta. Hasilnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan teratas disusul Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma.

Survei dilakukan pada 31 Januari-3 Februari 2021. Populasi survei yakni warga DKI Jakarta yang memiliki hak pilih dengan target sampel 400 responden, yang dipilih dengan teknik multistage random sampling. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dan menjalankan protokol kesehatan. Margin of error survei ini +/- 4,9 %, dengan tingkat kepercayaan 95%.

Responden diajukan pertanyaan: "Jika pemilihan gubernur dilakukan saat ini, siapakah yang akan anda pilih menjadi Gubernur DKI Jakarta?" Pertanyaan terbuka ditanyakan secara spontan, tanpa menunjukkan nama.

Hasilnya:
1. Anies Baswedan: 40,5%
2. Tri Rismaharini; 16,5%
3. Basuki Tjahja Purnama (Ahok): 8,5%
4. Sandiaga Uno: 3,0%

Peringkat di bawah empat besar yaitu Ridwan Kamil, Djarot Saiful Hidayat, Triwisaksana, Prasetyo Edi Marsudi, Ahmad Riza Patria, Abraham Lunggana, dan, secara mengejutkan, Baim Wong. Mereka yang berada di bawah 4 besar memiliki elektabilitas 0,5%. Sementara yang belum memutuskan pilihan ada 28%.

"Ya, posisi saat ini Anies Baswedan masih teratas dalam beberapa skenario survei kami. Dalam scenario survei terbuka (Top of Mind) posisi Anies berada di urutan 1 di angka 40,5% di susul Risma 16,5% dan Ahok 8,5% dst. Sedangkan dalam scenario survei semi terbuka melibatkan 16 calon, 3 Besar adalah: Anies Baswedan 42,5 %, Tri Rismaharini 23,5% dan Sandiaga Uno 5,5," kata peneliti Median, Ade Irfan kepada wartawan.

Untuk Wakil Gubernur DKI Jakarta, pertanyaan terbuka ditanyakan secara spontan, tanpa menunjukkan nama: "Jika pemilihan wakil gubernur dilakukan saat ini, siapakah yang akan anda pilih menjadi Wakil Gubernur DKI Jakarta?".

Hasilnya:
1. Sandiaga Uno: 14,5%
2. Ahmad Riza Patria: 13,0%
3. Tri Rismaharini: 3,5%
4. Djarot Saiful Hidayat: 3,5%
5. Ganjar Pranowo: 2,0%
6. Abraham Lunggana (Haji Lulung): 1,5%
8. Raffi Ahmad: 1,0%
9. Gatot Nurmantyo: 1,0%
10. Basuki Tjahja Purnama (Ahok): 1,0%
- Di bawah Ahok ada Ridwan Kamil dan Giring Ganesha dengan elektabilitas 0,5%
- Yang belum memutuskan ada 58%.

Simak selengkapnya, di halaman selanjutnya:

Sedangkan, elektabilitas gubernur dengan skenario 16 nama dan menyertakan jawaban semi terbuka, yaitu responden diperbolehkan menyebutkan nama yang tidak ada dalam alat bantu kuesioner. Dengan pertanyaan 'Jika pemilihan gubernur dilakukan saat ini, dari nama-nama berikut ini, siapakah yang akan anda pilih menjadi Gubernur DKI Jakarta? Jika tidak ada dalam daftar di alat bantu kuesioner, silakan sebutkan saja!'

Hasilnya:

1. Anies Baswedan: 42,5%
2. Tri Rismaharini: 23,5%
3. Sandiaga Uno: 5,5%
4. Agus Harimurti Yudhoyono: 3,5%
5. Basuki Tjahja Purnama (Ahok): 2,0%
6. Abraham Lunggana (Haji Lulung): 2,0%

Tren elektabilitas, menunjukkan elektabilitas Tri Rismaharini atau Risma naik tajam. Elektabilitas Risma naik dari survei Juli 2020 (4,2%) ke survei saat ini Februari 2021 di angka (23,5%). Sementara Sandiaga Uno dan Agus Harimurti Yudhoyono mengalami penurunan elektabilitas, sedangkan Anies cenderung stagnan.

"Yang menarik adalah tren kenaikan elektabilitas Tri Rismaharini yang signifikan," ujar Ade Irfan.

Sementara itu, untuk pertanyaan mengapa memilih Anies, pilihan tertinggi karena kinerja Anies bagus (18,6%). Responden memilih Tri Rismaharini paling tinggi karena kinerja bagus (14,9%). Sedang responden mengapa memilih Sandiaga Uno tertinggi karena pengusaha (22,8%).

"Adapun 5 besar alasan responden memilih Anies Baswedan adalah kinerja bagus 18,6%, religius/pro Islam 11,9%, membawa perubahan 5,2%, ingin melanjutkan program 3,1%, dan dianggap peduli & dermawan 3,1%. Sedangkan 5 besar alasan responden memilih Tri Rismaharini adalah kinerja bagus 14,9%, blusukan 11,7%, cepat tanggap 7,4%, tegas 7,4%, peduli & dermawan 7,4%," ucap Ade Irfan.

Jika head to head Anies Baswedan dengan Tri Rismaharini dengan pertanyaan 'Jika pemilihan gubernur dilakukan saat ini, dari 2 nama berikut ini, siapakah yang akan anda pilih menjadi Gubernur DKI Jakarta?'

Hasilnya:
1. Anies Baswedan: 45,0%
2. Tri Rismaharini: 36,6%

(rfs/tor/Detik.com)

Viral DKI Jakarta Anies Baswedan


Loading...