Mie Ayam Solo Menjadi Salah Satu Mie Ayam Favorit, Berikut Resepnya

Mie Ayam Solo Menjadi Salah Satu Mie Ayam Favorit, Berikut Resepnya
Ilustrasi (IDN Times : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Rabu, 3 Februari 2021 12:49 WIB

Terasjabar.id - Dari beragam jenis mi ayam yang ada, mi ayam solo menjadi salah satu mi ayam favorit. Solo memang salah satu daerah yang terkenal dengan olahan mi ayamnya yang lezat.

Meskipun begitu, tak perlu jauh-jauh pergi ke Solo untuk mencoba hidangan ini. Pasalnya, Anda bisa membuatnya dengan mudah di rumah. Tertarik untuk mencobanya? Berikut resep membuat mi ayam Solo seperti dikutip dari Cookpad.

Bahan-bahan:
100 ml minyak
3 siung bwang putih, cincang kasar
Kulit ayam, secukupnya

Bahan ayam kecap:
1/4 kg ayam
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdm ketumbar bubuk
Serai, geprek
2 ruas jahe
2 butir kemiri
Laos, geprek
3 lbr daun salam
3 lbr daun jeruk
2 ruas kunyit
1 sdm saos tiram
4 sdm kecap
Garam
Gula
Air
Minyak
Lada atau merica
Penyedap rasa

FOLLOW JUGA :


Bahan kuah:
Air
Ayam, secukupnya
Lada
Garam

Bahan lain:
Mie
Sawi
Kecap asin


Cara membuat:
1. Minyak bawang, panaskan minyak, masukkan bawang putih dan kulit ayam. Goreng dengan api kecil hingga bawang dan kulit ayam kecoklatan. Angkat dan saring. Sisihkan.

2. Potong ayam menjadi dadu. Sisihkan. Haluskan semua bahan ayam kecap kecuali serai, jahe, laos, daun salam dan daun jeruk. Panaskan minyak, masukkan bumbu halus ayam kecap dengan api sedang.

3. Aduk hingga harum lalu masukkan daun salam, serai, daun jeruk, jahe, laos, dan ayam. Masak hingga ayam matang dan bumbu berwarna kecoklatan, masukkan sedikit air. Tambahkan kecap, saos tiram, garam.

4. Aduk hingga air mengental dan menyusut, koreksi rasa. Kuah, panaskan air, masukkan ayam, lada dan garam, koreksi rasa. Sisihkan.

5. Rebus mie dan sawi, angkat, sisihkan. Dalam mangkok, tuang 2 sdm minyak bawang, 2 sdm kecap asin, lada, garam, penyedap. Masukkan mie dan sawi ke mangkok dan aduk rata.

6. Tambahkan ayam kecap dan kuah. Sajikan.

Disadur dari Sindonews.com 

Mie Ayam Solo resep Cara Membuat


Loading...