Indonesia Bidik Dua Gelar di HSBC BWF World Tour Finals

Indonesia Bidik Dua Gelar di HSBC BWF World Tour Finals
(Kompas Olahraga : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Rabu, 27 Januari 2021 09:16 WIB

Terasjabar.id -- Laga puncak BWF Super Seri atau yang dikenal HSBC BWF World Tour Finals 2020 akan dimulai hari ini, Rabu (27/1), di Impact Arena, Bangkok, Thailand. Meski tidak menampilkan pemain terbaik di seluruh dunia karena absennya pemain dari China dan Jepang, pertarungan untuk memperebutkan gelar diperkirakan tetap sengit.

Kabid Binpres PP PBSI Rionny Mainaky menyatakan, Indonesia diharapkan bisa merebut dua gelar juara dari empat sektor. Hal tersebut ditentukan oleh bagaimana kondisi dan semangat juang para atlet bulu tangkis tanah air.

"Untuk target di World Tour Final, saya harapkan ada dua gelar juara dari empat sektor. Tergantung bagaimana kondisi dan daya juang atletnya. Untuk lolos ke babak semifinal, setiap atlet harus bermain tiga kali di penyisihan grup. Apalagi lawan yang dihadapi adalah pemain terbaik," ujar Rionny, Selasa (26/1).

Tentu, lanjut Rionny, ini sangat membutuhkan konsentrasi, stamina yang prima, daya juang tinggi, dan semangat pantang menyerah. "Jika pemain Indonesia sudah lolos ke semifinal, baru kita bisa memprediksi dari sektor mana yang berpeluang merebut gelar juara," jelasnya.

Hasil undian pada Selasa menempatkan para pebulu tangkis Indonesia di posisi rawan. Setidaknya ada dua sektor yang masuk dalam grup neraka. Namun yang paling terlihat berat persaingannya adalah di sektor tunggal putra.

FOLLOW JUGA :

Satu-satunya wakil Indonesia di nomor ini, Anthony Sinisuka Ginting, berada di Grup A bersama dengan juara dua kali turnamen Thailand Open 2021 lalu, Viktor Axelsen dari Denmark. Selain itu, ada pemain andalan Taiwan Chou Tien Chen dan satu lagi pemain nomor satu Malaysia saat ini, Lee Zii Jia.

Asisten pelatih tunggal putra Indonesia, Irwansyah, mengatakan, meskipun berat peluang lolos bagi anak asuhnya tetap terbuka. "Memang dari hasil undian, calon lawan Ginting kuat-kuat semua. Peluangnya untuk lolos dari Grup A Insya Allah bisa, tapi harus bekerja keras banget. Yang terpenting Ginting bisa bermain all out dan enjoy," ujar Irwansyah.

Pengundian babak penyisihan grup dilakukan di Bangkok oleh pejabat Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF) dan Badminton Association of Thailand (BAT) dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 yang amat ketat.  

Dalam babak grup, semua pemain akan saling bertemu. Dua pemain atau pasangan teratas dari masing-masing grup melaju ke semifinal.

Di babak semifinal, juara grup akan disilang untuk bertemu dengan peringkat kedua grup lainnya. Turnamen dimulai Rabu ini dan final akan digelar pada, Ahad 31 Januari 2021.

Wakil Indonesia di BWF World Tour Finals 2020:

Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan (ganda putra), Greysia Polii/Apriyani Rahayu (ganda putri), Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti (ganda campuran), Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja (ganda campuran).

Disadur dari republika.co.id

HSBC BWF World Tour Finals 2020 PB PBSI Pandemi Covid-19 Prokes


Loading...