Remaja Bali Melati Wijsen Jadi Pembicara TIME 100

Remaja Bali Melati Wijsen Jadi Pembicara TIME 100
Editor: Malda Hot News —Selasa, 26 Januari 2021 14:51 WIB

Terasjabar.id -- 

Seorang remaja yang juga aktivis lingkungan asal Bali, Melati Wijsen, menjadi salah satu pembicara dalam program dialog Time 100 Talks.

Dilansir Time, Selasa (26/1), Melati, 19, dihadirkan sebagai salah satu pembicara yang juga dihadiri oleh pendiri sekaligus Ketua Forum Ekonomi Dunia, Klaus Schwab, dan dipandu oleh moderator Angelina Jolie.

Dalam kegiatan bincang-bincang itu, mereka membahas soal dampak pandemi virus corona terhadap perkembangan ekonomi, politik, iklim, dan lingkungan di dunia.


Kegiatan bincang-bincang itu berlangsung selama satu jam delapan menit. Dalam acara itu, Melati memaparkan tentang peran anak-anak dan muda-mudi untuk melestarikan lingkungan.

Melati dan saudara perempuannya, Isabel, menggagas gerakan Selamat Tinggal Kantong Plastik (Bye Bye Plastic Bags) pada 2013 silam.

Keduanya mulai tertarik membahas permasalahan lingkungan, utamanya soal pencemaran sampah kantong plastik karena merasakan langsung ketika mereka berenang di pantai. Mereka melihat dengan mata kepala sendiri tentang bagaimana sampah plastik mengotori pantai, laut, dan jalanan di Bali.

Pada 2018, keduanya menggagas gerakan Bersih-Bersih Bali, yang melibatkan 20 ribu relawan berhasil mengumpulkan sampah seberat 65 ton.

Mereka juga bekerja sama dengan 350 pengusaha di Bali untuk turut menekan penggunaan kantong plastik dan gelas sekali pakai atau sedotan secara perlahan-lahan.


Dilansir Independent, Melati dan Isabel juga pernah diundang menjadi pembicara di ajang TED Talk di London, Inggris, dengan tema soal krisis sampah di Bali.

Keduanya juga sempat diundang ke dalam Konferensi Sampah Laut Dunia di San Diego, Amerika Serikat, yang juga didukung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pada 2018 silam, Melati  dan Isabel masuk ke dalam daftar remaja paling berpengaruh di dunia versi majalah Time. Masih di tahun yang sama, keduanya juga terpilih menjadi CNN Heroes Young Wonders.

(Time/ayp/Gelora.co)

bali Melati Wijsen Time 100 Talks


Loading...