Gelar Fanmeeting Saat Pandemi Covid-19, Viens Boys Terancam 1 Tahun Penjara

Gelar Fanmeeting Saat Pandemi Covid-19, Viens Boys Terancam 1 Tahun Penjara
(Instagram/danynaash : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 26 Januari 2021 10:47 WIB

Terasjabar.id - Artis Tik Tok asal Solo, Viens Boys tak hanya tuai protes karena gelar fanmeeting atau jumpa fans saat pandemi. Mereka juga terancam kurungan penjara.

Kapolres Madiun Kota, AKBP Dewa Putu Eka Darmawan menjelaskan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan kepada Viens Boys dan tim manajemen.

Dari interogasi tersebut, terungkap adanya pelanggaran yang dilakukan.

FOLLOW JUGA :

"Dari hasil gelar penyidik bahwa pelanggaran yang dilakukan yaitu 'barang siapa dengan sengaja menghalangi pelaksanaan penanggulangan wabah atau setiap orang yang tidak mematuhi penyelenggaraan kekarantinaan kesehatan, menyebabkan kedaruratan kesehatan masyarakat'," kata AKBP Dewa Putu Eka Darmawan dikutip dari kanal YouTube JTV Madiun, Selasa (26/1/2021).

"Dengan adanya kegiatan ini, mereka mengumpulkan massa yang tidak sedikit jumlahnya di restoran. Itu salah satu bentuk pelanggaran dari tindak pidana kekarantinaan tersebut," ujarnya lagi.

Artis Tik Tok Viens Boys [danynaash]
Artis Tik Tok Viens Boys [danynaash]

Apalagi, kawasan Madiun saat ini tengah dilakukan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Sehingga ketat aturan terhadap hal-hal yang mengundang keramaian.

Sanksi yang dikenakan sesuai dengan dua pasal terkait wabah penyakit dan aturan kekarantinaan. Ada kemungkinan, artis Tik Tok ini terancam hukuman hingga satu tahun penjara.

"Kalau sanksi, dari pasal 14 ayat 1 UU RI No 4 tahun 1984, tentang wabah penyakit menular, atau pasal 93 UU no 6 tahun 2018 tentang kekarantinaan kesehatan. Ini ancamannya maksimal 1 tahun," kata AKBP Dewa Putu Eka Darmawan.

Namun pidana itu tengah dipertimbangkan. Sebab polisi masih memeriksa sejumlah saksi.

"Siapa yang hadir di sana, bagaimana bisa datang, karena kalau ada yang mengajak, itu nanti kena dari sanksi UU pidana," ujarnya.

Termasuk soal penetapan para artis ini sebagai tersangka pun belum bisa diputuskan.

"Untuk penetapan tersangka, akan dilakukan dengan proses gelar lagi, sementara sudah sidik," ujarnya.

Viens Boys belakangan jadi perbincangan warganet. Bukan soal prestasi, melainkan sensasi karena gelar fanmeeting di tengah pandemi.

Acara itu digelar di salah satu cafe kawasan Madiun, Jawa Timur pada Minggu (24/1/2021).

Lewat video yang viral di media sosial, mereka yang hadir rela berdesak-desakan untuk mengabadikan artis Tik Tok tersebut.

Disadur dari Suara.com

Artis Tik Tok asal Solo Viens Boys Fanmeeting Pandemi Covid-19


Loading...