17 Nakes di Puskesmas Walantaka Disuntik Vaksin, 3 Diantaranya Komorbid

17 Nakes di Puskesmas Walantaka Disuntik Vaksin, 3 Diantaranya Komorbid
(poskota.co.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 25 Januari 2021 12:44 WIB

Terasjabar.id - Hingga hari ini, Senin (25/1/2021), Puskesmas Walantaka sudah melakukan vaksinasi Covid-19 terhadap 17 Tenaga Kesehatan (Nakes). Dari jumlah tersebut, 3 di antaranya gagal disuntik karena mempunyai riwayat penyakit penyerta atau komorbid.

Hal itu dikatakan Kepala bagian program imunisasi Puskesmas Walantaka, Sa'adah. Ketika dikonfirmasi Sa'adah mengaku, proses vaksinasi sejak Sabtu (16/1/2021) hingga kini masih terus berjalan.

"Nakes yang komorbid itu ada yang karena hipertiroid, asma dan penyakit gula atau diabetes melitus (DM)," katanya.

Sa'adah melanjutkan, setiap hari dirinya melakukan suntik vaksin terhadap Nakes di Puskesmas Walantaka dengan jumlah yang variatif. Hal tersebut menyesuaikan dengan data yang dikirim dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang diterima sebelum pelaksanaan vaksin.

FOLLOW JUGA :

"Kadang sehari ini ada satu, lima, sembilan. Tidak tentu sih karena kan datanya dari pusat yang dikirim via SMS gateway," ujarnya.

Bagi Nakes yang belum bisa dilakukan suntik vaksin sesuai jadwal dari Kemenkes, akan dilakukan penjadwalan ulang sampai batas waktu yang ditentukan.

"Metodenya tidak lagi menunggu jadwal dari Kemenkes, tetapi cukup memberikan NIK dan nomor telepon, nanti akan kami input di aplikasi sebagai bahan laporan ke Dinkes Kota Serang," jelasnya.

Sa'adah berharap pada dua hari terakhir ini seluruh Nakes di Puskesmas Walantaka ini yang sudah terdaftar bisa melakukan vaksinasi. 

"Total keseluruhan Nakes di kami itu ada 45. Sebagian besar memang sudah mendapat SMS gateway dari Kemenkes. Sehingga harapan kami semua yang terdaftar bisa dilakukan vaksinasi, termasuk yang sebelumnya gagal karena berbagai faktor," ucapnya.

Untuk penyimpanan vaksin sendiri, tambahnya, Sa'adah lakukan di tempat khusus yang sudah tersedia, dan tidak tercampur dengan barang-barang lainnya.

"Ada kulkas khusus. Untuk vaksinnya sendiri kami ambil ke Dinkes Kota dua hari sebelum digunakan," tutupnya. (luthfi/kontributor/ys)

Disadur dari Poskota.co.id

Program Vaksinasi Covid-19 Prokes Nakes Komorbid Puskesmas Walantaka


Loading...