Tanaman Raksasa Ini Sedang Diburu Orang, Sudah Langka di Indonesia, Segini Kisaran Harganya

Tanaman Raksasa Ini Sedang Diburu Orang, Sudah Langka di Indonesia, Segini Kisaran Harganya
(Tribun Jabar/Syarif Pulloh Anwari : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 24 Januari 2021 08:29 WIB

Terasjabar.id - Tanaman jenis umbi-umbian yakni talas yang ditanam oleh seorang kolektor tanaman bernama Kean (40) memiliki ukuran raksasa dan tak lazim dari jenis tanaman talas lainnya. 

Kean memperlihatkan tanaman talas raksasa yang sudah ia rawat lima tahun diperkebunannnya yang terletak di  Kampung Batureok, Desa Gudang Kahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Talas yang dia tanam biasa disebut talas beneng.

Tanaman talas raksasa yang memiliki sebutan nama latin Colocasia gigantea memiliki tinggi 2,5 meter dan lebar daun sekitar 1,5 meter. 

Kean mengatakan pembudidayaan tanaman talas khususnya di Jawa Barat kini semakin jarang.

FOLLOW JUGA :

Menurutnya lahan hutan yang semakin menipis menjadi satu di antara faktornya. 

"Di Indonesia sudah jarang, apalagi jenis talasan ukuran besar ini, pasti susah ditemuinya. Di Jabar masih banyak, posisi adanya di alam, tidak di rumah-rumah lagi. Khusus di Lembang cuma di sini kayaknya, " ujar Kean saat ditemui, Sabtu (23/1/2021). 

Jenis umbi-umbian ini memiliki sebutan lain di setiap daerah, di antaranya empeu (Aceh), bete (Manado dan Ternate), paco (Makassar), dan kaladi (Ambon).

Berbeda dengan talas pada umumnya, talas beneng asal Pandeglang, Banten, ini memiliki ukuran yang lebih jumbo dari talas biasa.

Menurut Kean, menanam umbi talas ini tidaklah rumit dan lebih menguntungkan, karena tanaman ini tidak terpengaruh curah hujan. 

Namun untuk cara merawat tanaman talas yang dalam bahasa Inggris disebut giant elephant ear agar memiliki kualitas baik, yang paling penting tidak langsung terpapar oleh sinar matahari. 

"Kalau lebih bagus disimpan di tempat teduh," ungkap Kean. 

Daun yang memiliki bentuk bulat hati ini, kata Kean, pernah ditawar oleh kolektor tanaman dihargai Rp 3,5 juta.

"Tapi sama saya belum dikeluarin, " ujarnya.



Disadur dari Tribunjabar.id

Tanaman Jenis Umbi - Umbian Talas Raksasa Kabupaten Bandung Barat Pandemi Covid-19


Loading...