5 FAKTA Kipas Angin Gantung yang Tak Banyak Diketahui Orang, Malah Bisa Panas Kan Ruangan Bukan Bikin Sejuk

5 FAKTA Kipas Angin Gantung yang Tak Banyak Diketahui Orang, Malah Bisa Panas Kan Ruangan Bukan Bikin Sejuk
Editor: Malda Hot News —Sabtu, 23 Januari 2021 10:36 WIB

Terasjabar.id - Pasti banyak dari Anda yang memiliki kipas angin gantung.

Selain untuk mendinginkan ruangan, kipas angin gantung banyak digunakan karena dianggap bisa mempercantik tampilan ruang di rumahmu.

Namun tampaknya tak semua orang mengetahui cara kerja kipas angin gantung sepenuhnya, di mana kamu mungkin bisa keliru memahaminya.

Mengutip Kompas.com dari beberapa sumber, Sabtu (23/1/2021), beginilah lima fakta mengenai kipas angin gantung yang belum banyak diketahui.

1. Kipas angin gantung tidak mendinginkan ruangan

Saat seseorang menyalakan kipas angin gantung, mereka mulai bekerja mengedarkan udara hangat di dalam ruangan.

Saat udara ini bersentuhan dengan kulit seseorang, kelembapan atau keringat dari kulit seseorang tersebut menguap dan memberinya efek pendinginan.

Bisa dikatakan kipas angin gantung berguna untuk mendinginkan seseorang hanya saat mereka mengalirkan udara di atas kulitnya.

Mereka mendinginkan tubuh seseorang dengan 2 cara, yakni dengan membantu pendinginan evaporatif dan dengan membantu pendinginan konvektif.

Jika pergerakan udara yang dihasilkan oleh kipas angin tidak mengenai kulit siapa pun, itu hanya membuat ruangan menjadi lebih hangat tanpa manfaat pendinginan.

Efek ini serupa dengan efek saat angin menerpa kulitmu saat bepergian dengan mobil, dan kamu merasa sejuk meski kondisi di luar mobil panas.

2. Bilah kipas angin gantung yang lebih besar lebih efisien

Kamu akan melihat bahwa kipas angin gantung berkecepatan tinggi dengan bilah atau daun kipas yang lebih panjang memiliki efisiensi yang tinggi.

Sementara itu, kipas angin gantung dengan bilah yang lebih pendek memiliki efisiensi yang lebih rendah.

Kamu akan melihat bahwa kipas angin gantung berkecepatan tinggi dengan bilah yang lebih panjang memiliki efisiensi tinggi, yang menjadikannya pilihan ideal untuk ruang keluarga, kamar tidur, dan ruang besar lainnya.

Dan kipas angin gantung dengan bilah yang kecil, dengan bilah yang lebih pendek, ideal untuk ruang kecil seperti dapur, gudang dan lain-lain.

3. Kipas angin gantung justru memanaskan ruangan

Ya, kipas angin gantung adalah alat pendingin.

Tetapi efeknya pada ruangan itu adalah menambah panas.

Mengapa? Karena motor listrik adalah alat yang mengubah energi listrik menjadi energi mekanik sebagian besar berakhir sebagai panas.

Motor kipas angin gantung yang bekerja bisa lebih panas daripada ruangannya.

Dari hukum kedua termodinamika, kita perlu tahu kemana perginya panas itu, yakni ke dalam ruangan yang lebih dingin.

4. Kipas angin gantung tak memenggal

Beberapa orang khawatir kepalanya dipotong oleh kipas angin gantung. Itu bisa terjadi, tetapi hanya jika kamu mengganti motor mesin dengan yang lebih bertenaga (seperti motor mesin pemotong rumput) dan mengganti bilah kipas angin gantung dengan bilah yang setajam silet.

5. Kecepatan yang lebih rendah lebih efisien

Aliran udara kipas angin diukur dalam Cubic Feet per Minute (CFM), yang artinya daya sedot atau kemampuan menyedot udara per menit Kamu akan mendapatkan lebih banyak CFM per watt saat menjalankan kipas angin gantung pada daya kecepatan medium daripada daya kecepatan tinggi.(Tribunjakarta.com)

Kipas Angin Gantung panas rumah Makan


Loading...