Operasi SAR Berakhir, KNKT Bertekad Menemukan CVR Black Box Sriwijaya Air

Operasi SAR Berakhir, KNKT Bertekad Menemukan CVR Black Box Sriwijaya Air
(Liputan6.com/Faizal Fanani : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 22 Januari 2021 10:20 WIB

Terasjabar.id - Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), Soerjanto Tjahjono manyatakan bahwa KNKT akan bertekad menemukan CVR. Sebab, kata dia, data CVR akan melengkapi data flight data recorder (FDR) yang sudah ditemukan dan berhasil diunduh KNKT. Dia mengatakan, CVR akan memberikan informasi yang signifikan dalam proses investigasi penyebab kecelakaan Sriwijaya SJ-182.

Untuk itu, KNKT akan tetap melakukan operasi pencarian kotak hitam Cockpit Voice Recorder (CVR) walaupun proses pencarian korban oleh Basarnas telah berakhir.

"Memang operasi SAR sesuai tugasnya, telah ditutup. Tapi kami sebagai tanggung jawab kami melakukan investigasi akan terus mencari CVR yang sampai hari ini belum ditemukan," kata Soerjanto dalam keterangan resminya, Kamis malam (21/1).

FOLLOW JUGA :

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan harapannya agar proses investigasi dari KNKT dapat berjalan lancar. Sepertibyang diketahui, pada pagi hari ini, dilakukan rangkaian acara tabur bunga di lokasi jatuhnya pesawat di perairan Kepulauan Seribu untuk menghormati keluarga korban akan dilakukan tabur bunga di lokasi jatuhnya pesawat di perairan Kepulauan Seribu pada hari Jumat ini (22/1).

“Kami berkomitmen untuk terus mendampingi dan melayani keluarga korban dengan baik sampai seluruh proses diselesaikan,” kata Menhub Budi Karya

Sebelumnya, Tim SAR Gabungan resmi menghentikan operasi pencarian dan pertolongan musibah jatuhnya Pesawat Sriwijaya Air Sj 182 (PK CLC) pada Kamis (21/1).

Menhub menyampaikan rasa terima kasih sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang telah bekerja keras dan bekerja sama yang erat dalam penanganan musibah, baik dari Kementerian Perhubungan, TNI, Polri, Basarnas, dan pihak-pihak lainnya yang telah membantu pencarian korban dan black box pesawat Sriwijaya Air SJ-182.

Disadur dari Merdeka.com

KNKT FDR Pesawat Sriwijaya Air Pandemi Covid-19 Data CVR


Loading...