Pantas Udara Bandung Dingin Sejak Pagi, Ini Kata BMKG, Siap-siap Jaket dan Selimut

Pantas Udara Bandung Dingin Sejak Pagi, Ini Kata BMKG, Siap-siap Jaket dan Selimut
Editor: Malda Hot News —Selasa, 19 Januari 2021 12:24 WIB

Terasjabar.id - Suhu di wilayah Kota Bandung dan sekitarnya pada Selasa (19/1/2021) terasa lebih dingin dibandingkan hari-hari sebelumnya.

Selain itu, awan mendung pun tampak  menggantung di langit Ibu Kota Provinsi Jawa Barat tersebut sejak pagi hari.

Dilansir dari laman resmi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung suhu di wilayah Bandung saat ini mencapai 22 derajat celcius dengan kelembaban air 75 persen, dan kecepatan tiupan angin mencapai 10 kilometer per jam. 

Saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Prakirawan cuaca BMKG, Yan Firdaus menjelaskan, penyebab suhu Kota  Bandung terasa lebih dingin dibandingkan biasanya, karena telah memasuki puncak musim penghujan.

Di mana salah satu cirinya yaitu, terjadinya turun hujan mulai dini hari hingga pagi hari, hal itu menyebabkan turunnya temperatur suhu udara.

"Penyebabnya karena sekarang kita sudah memasuki puncak musim penghujan. Matahari yang tenggelam pukul 18.00 WIB kemarin ditambah hujan yang turun pada dini hari tadi, membuat temperatur suhu turun, sehingga suhu udara lebih dingin," ujarnya saat dihubungi melalui telepon, Selasa (19/1/2021).

Selain, hujan yang turun pada dini hari, suhu dingin juga dipengaruhi oleh kecepatan embusan angin yang tinggi.

Yan mengatakan, suhu udara terendah pada musim hujan di Bandung hari ini hingga beberapa hari ke depan berpeluang terjadi mulai 19 - 28 derajat celsius, sementara di Lembang suhu terendah berada di angka 17 derajat celsius.

Adapun, sebagian besar wilayah Bandung Raya hari ini berpeluang hujan ringan hingga sedang pada siang dan sore nanti.

Terdapat potensi hujan ringan pada malam dan dini hari.

"Untuk suhu saat puncak musim penghujan biasanya terjadi antara 19,8 sampai 28 derajat celsius, kecuali di Lembang yang bisa mencapai 17,5 sampai 24 derajat. Sedangkan kondisi kelembaban air berkisar antara 65 sampai 95 persen, dengan kecepatan angin bertiup dari arah barat ke barat laut mencapai 3 sampai 40 kilometer per jam," katanya.

(Tribunjabar.id)


Udara Bandung Dingin Jaket Selimut BMKG


Loading...