Cawalkot Gibran Rakabuming Raka Akan Gandeng Daerah Penyangga Pulihkan Ekonomi Solo

Cawalkot Gibran Rakabuming Raka Akan Gandeng Daerah Penyangga Pulihkan Ekonomi Solo
(Tirto.ID : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 19 Januari 2021 11:50 WIB

Terasjabar.id -- Calon Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka akan menggandeng sejumlah kabupaten sebagai daerah penyangga di sekitar Kota Solo, untuk memulihkan ekonomi pada pandemi Covid-19.

"Concern kami di tahun 2021 ini menjadi tantangan ke depan mengingat Covid-19 dampaknya bukan hanya ke kesehatan tetapi juga ekonomi. Oleh karena itu, pemulihan percepatan ekonomi pada pandemi Covid-19 menjadi perhatian," kata putra pertama Presiden Joko Widodo ini di Solo, Senin.

Ia mengatakan kerja sama dengan daerah penyangga, yaitu Kabupaten Sukoharjo, Boyolali, Wonogiri, Karanganyar, Klaten, dan Sragen menjadi salah satu prioritas. Ia mengatakan nantinya kerja sama tersebut akan dimulai dengan dialog antarkepala daerah.

"Yang penting harus kompak, jangan jalan sendiri-sendiri, karena apa yang terjadi di kabupaten lain akan berdampak di Solo. Kalau jumlah penduduk di Solo sendiri sekitar 500 ribu jiwa, di siang hari jumlahnya bisa sampai 2,5 juta jiwa. Artinya Solo menjadi magnet di daerah sekitar, jelas kita buka komunikasi, hilangkan egosektoral," katanya.

Ia juga menyoroti permasalahan kebijakan masing-masing kepala daerah yang selama ini terkesan tidak kompak, salah satunya pembatasan aktivitas anak kecil dan ibu hamil selama pandemi Covid-19.

"Misalnya anak kecil dan ibu hamil dilarang masuk mal, itu sudah diterapkan di Solo, tetapi mereka 'ngeyel' kemudian milih ke mal di luar Solo. Jangan sampai yang ketat hanya Solo tetapi daerah lain tidak," katanya.

FOLLOW JUGA :

Selain meningkatkan kerja sama antardaerah, ia juga akan mengeluarkan sejumlah kebijakan yang bertujuan mengangkat sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang saat ini sebagian besar terhantam oleh Covid-19.

"Pemulihan ekonomi harus fasilitasi restrukturisasi kredit untuk UMKM, memperbanyak program padat karya untuk yang terdampak PHK (pemutusan hubungan kerja), dan memberikan kelonggaran retribusi dan pajak untuk UMKM serta membuka peluang akan kami siapkan 'creative hub'," katanya.

Ia mengatakan keberadaan creative hub tersebut agar anak muda bisa meningkatkan daya saing dan UMKM di Solo bisa naik kelas dengan memanfaatkan teknologi.

"Selain itu, masalah kreativitas ini saya ingin ada pusat inkubasi bisnis untuk mengembangkan startup, ingin ada co-working space untuk ruang kerja dan kolaborasi, kami ingin ada creative space sebagai ruang pameran dan seni, dan yang paling penting adalah maker space sebagai ruang kerja untuk menghasilkan barang jadi karena sebetulnya anak muda Solo kreatif semua, tinggal diberikan ruang dan panggung," katanya.

Mengenai UMKM, ia juga tidak ingin kebijakan pemerintah justru mematikan usaha para pelaku usaha. Menurut dia, selama mematuhi protokol kesehatan maka tidak masalah warung maupun kafe berjualan hingga malam hari.

"Seperti belum lama ini kan sempat viral warung (yang diminta tutup oleh Pemkab Sukoharjo), jangan sampai hal seperti itu terjadi di Kota Solo. UMKM di Kota Solo sudah sangat terpukul karena Covid-19. Pembatasan jam operasional perlu diperketat tetapi jangan membatasi ruang gerak mereka, warung buka malam tidak masalah tetapi lebih memperbanyak layanan delivery, kalau makan di tempat harus dibatasi, itu kan sudah ada di SE juga," katanya.

Disadur dari Republika.co.id

Calon Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka Kota Solo Pandemi Covid-19 Prokes


Loading...