Gempa Bumi yang Terjadi di Majene dan Mamuju Provinsi Sulbar, Putus Akses ke Desa Pedalaman

Gempa Bumi yang Terjadi di Majene dan Mamuju Provinsi Sulbar, Putus Akses ke Desa Pedalaman
(SINDONews/Maman Sukirman : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 18 Januari 2021 11:32 WIB

Terajabar.id - Gempa bumi bermagnitudo 6,2 yang terjadi sejak (14/01/2021) lalu di Majene dan Mamuju Provinsi Sulbar, menyebabkan sejumlah akses jalan terputus termasuk akses ke Desa Bela dan Desa Popeang Kecamatan Tappalang.

Akses ke dua desa pedalaman tersebut biasanya ditempuh menggunakan kendaraan roda dua yang dimodifikasi khusus selama dua jam.

Salah seorang warga Desa Bela Herman Jannang yang saat kejadian berada di luar desa mengaku, dirinya sempat berencana memasuki desa namun urung dilakukan akibat sulitnya jalur dilewati. Warga kata dia, harus mempertaruhkan nyawa dengan memanjat longsor yang dikelilingi tebing.

Terlebih lanjutnya jalur masih harus ditempuh dengan jalan kaki selama 48 jam lebih untuk sampai ke sana melewati jalan setapak. Dirinya berharap pemerintah bisa secepatnya kembali membuka jalur. Dia mengatakan desanya kerap luput dari perhatian lantaran berada di pedalaman.

FOLLOW JUGA :



"Warga desa sekarang berkumpul di sana buat posko sendiri terisolasi, tidak ada yang tinggal di rumah, mereka terjebak kasian tidak bisa keluar desa, ini ada warga kemarin satu orang yang nekat ke sini cari bantuan," katanya.

Sejumlah warga dilaporkan kekurangan pangan seperti beras dan kebutuhan rumah tangga lainnya. Dari laporannya kantor kepala desa bersama sejumlah rumah di dua desa tersebut hancur akibat gempa.

Semetara Herman mengatakan, ada sekitar kurang lebih 1.900 jiwa di dua desa tersebut yang terdampak. Hingga berita ini tayang belum ada korban jiwa yang dilaporkan.
"Jadi di sini kita sangat butuh logistik, tenda, makanan dan beberapa warga ada yang terluka dan sama sekali tidak ada obat-obatan. Masyarakat di sini buat sendiri tempat untuk kumpul semua," katanya.

Disadur dari Sindonews.com 

Gempa Bumi Pandemi Covid-19 Provinsi Sulbar Akses Jalan Desa Bela


Loading...