Kabupaten Tangerang akan Dapat Jatah 8.840 Vaksin Covid-19 Tahap Pertama, 'Pertama Untuk Nakes'

Kabupaten Tangerang akan Dapat Jatah 8.840 Vaksin Covid-19 Tahap Pertama, 'Pertama Untuk Nakes'
Ilustrasi (Tekno Tempo.co : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 18 Januari 2021 11:09 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah Kabupaten Tangerang mengusulkan 8.840 vaksin Covid-19 pada program awal vaksinasi yang akan dilaksanakan pada Februari 2021 mendatang. Kabupaten Tangerang baru akan mendapat jatah vaksin pada akhir Januari atau awal Februari 2021 ini. Saat ini vaksinasi di Provinsi Banten fokus pada Kota Serang dan Tangerang Selatan.

"Ini untuk termin pertama Kabupaten Tangerang akan ada 8.840 orang yang divaksin Covid-19," ungkap juru bicara satuan tugas penanganan percepatan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi, Senin (18/1).

Pada pelaksanaan vaksinasi pertama nanti, Tenaga Kesehatan (nakes) menjadi prioritas utama penyuntikan vaksin Sinovac di kabupaten Tangerang. "Iya pertama untuk Nakes," ucap dia.

Sementara, fasilitas kesehatan (faskes) yang disiapkan selama program vaksinasi dilakukan di 24 Rumah Sakit Umum milik pemerintah dan swasta, 44 Puskesmas dan 17 klinik.

"Setiap faskes hanya akan melayani minimal satu sesi sebanyak 20 orang pada setiap sesi. Jadwalnya Faskes sendiri yang menentukan bisa seminggu dua kali, seminggu tiga kali atau dari senin sampai Jumat. Maksimal sehari 20 orang dan 20 ini dianggap antri sekitar 30 menit. Jadi ini diperkirakan baru akan selesai sore hari," jelas dia.

FOLLOW JUGA :

Sama halnya dengan Kota Tangerang, memgusulkan 10 ribu lebih jumlah dosis vaksin pada tahap awal pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Kota Tangerang.

"Usulannya segitu, namun hasil screening yang mendapat vaksin hanya 8.800, jadi jumlah vaksin yang dibutuhkan untuk dua suntikan adalah 17.600 bagi tenaga kesehatan saja," ucap Kepala Dinkes Kota Tangerang Liza Puspadewi.

Dia mengimbau, agar masyarakat tidak takut untuk melakukan vaksin, karena manfaatnya lebih besar, meski ada efek samping untuk sebagian orang. "Efek samping ada tetapi relatif ringan misal nyeri, bengkak dan kemerahan pada bagian yang disuntik," tuturnya.

Rencananya, jelas Liza, Kota Tangerang akan menerima vaksin pada awal februari 2021. Di mana berbagai persiapan pun terus diupayakan, seperti logistik, petugas pelayanan termasuk juga penyediaan tempat penyimpanan.

"Pemkot Tangerang telah menyiapkan cold chain standar WHO di seluruh puskesmas. Kemudian pelaksanaan akan dilakukan di 38 puskesmas, 32 rumah sakit, satu KKP serta 11 klinik, jadi total 82 faskes yang melaksanakan vaksinasi Covid-19 ini," ungkap dia. 

Disadur dari Merdeka.com 

Pemkab Tangerang Pandemi Covid-19 Prokes Program Vaksinasi


Loading...