Basarnas Pertimbangkan Memperpanjang Pencarian CVR dan Korban Sriwijaya Air, Tergantung Pada Kondisi di Lapangan

Basarnas Pertimbangkan Memperpanjang Pencarian CVR dan Korban Sriwijaya Air, Tergantung Pada Kondisi di Lapangan
(Merdeka.com/Imam Buhori : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 17 Januari 2021 12:57 WIB

Terasjabar.id - Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan dan Kesiapsiagaan Badan SAR Nasional (Basarnas), Bambang Suryo Aji belum bisa memastikan apakah usai perpanjangan pertama pencarian pesawat Sriwijaya Air berakhir pada Senin besok (18/1/). Pihaknya bakal kembali melakukan perpanjangan tergantung pada kondisi di lapangan.

"Kita melihat hasil nanti karenakan perpanjangan pertama itu kan sampai dengan hari Senin. Nanti akan kita evaluasi bagaimana, apakah mau diperpanjang atau tidak menunggu hasil evaluasi besok," kata Suryo di Jakarta International Container Terminal (JICT) II, Jakarta Utara, Minggu (17/1).

FOLLOW JUGA :

Menurut Suryo, ada dua pertimbangan utama untuk memperpanjang pencarian tersebut. Pertama soal belum ditemukannya cockpit voice recorder (CVR) dan korban.

"Jadi begini, kita lihat situasi di lapangan kemudian juga ada beberapa instrumen pesawat yang belum ditemukan seperti CVR dan lain-lain. Kemudian korban juga saya lihat setiap hari masih banyak kita mengevakuasi bagian tubuh korban, nanti kita lihat perkembangannya apakah di sana berkurang atau lain karena pengaruh sudah terbawa arus dan sebagainya," kata Suryo.

Di samping itu, ada juga pertimbangan dari keluarga yang menginginkan anggota keluarganya dapat ditemukan.

"Sehingga pertimbangan ini juga menjadikan perhatian kita dihadapkan dengan pihak keluarga korban. Mungkin dia menginginkan keluarganya yang mendapatkan musibah ini bisa diidentifikasi, kalau di lapangan masih kelihatan banyak korban yang masih kita evakuasi kita akan terus melaksanakan evakuasi," katanya.

Suryo mengaku masalah cuaca cukup menjadi kendala bagi tim untuk melakukan pencarian. Sebab, angin serta arus bawah yang cukup kencang di sekitar lokasi jatuhnya pesawat membuat serpihan badan pesawat terbawa arus.

"Cuaca yang menjadi persoalan sekarang adalah memang cuaca, karena di tempat lokasi itu selain angin dan arus bawah itu yang cukup kencang mempengaruhi kita untuk melaksanakan pencarian khususnya untuk pencarian CVR maupun bagian body part," jelasnya.

Disadur dari Merdeka.com 

Basarnas Pandemi Covid-19 Prokes Pesawat Sriwijaya Air JICT II Jakarta Utara Pencarian CVR


Loading...