Diminta Luhut Bereskan Toilet Tempat Wisata, Sandiaga Uno: Saya Merasa Terhormat

Diminta Luhut Bereskan Toilet Tempat Wisata, Sandiaga Uno: Saya Merasa Terhormat
Editor: Malda Hot News —Jumat, 15 Januari 2021 11:16 WIB
Terasjabar.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan diberi tugas Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan untuk membereskan persoalan toilet yang kerap tak terawat di sejumlah destinasi wisata. Sandiaga mengakui tugas itu merupakan tantangan.

"Waktu saya diminta bersihkan toilet oleh Pak Luhut, saya merasa terhormat karena bahwa ya percuma kita punya destinasi berkualitas, tapi toilet tidak berkualitas," kata Sandiaga dalam wawancara khusus bersama Tempo, Kamis, 13 Januari 2021.

Sandiaga menjelaskan, kondisi toilet yang acap kotor di pelbagai titik wisata memberikan pengalaman buruk bagi wisatawan, tak terkecuali wisatawan asing. Toilet menjadi unsur penting lantaran saat melancong, turis pasti menyambangi tempat tersebut.

Sandiaga pun berencana merevitalisasi toilet di beberapa destinasi, khususnya destinasi wisata prioritas, seperti Labuan Bajo, Likupang, Borobudur, Mandalika, dan Danau Toba. Program kerja ini merupakan lanjutan dari rencana yang telah disusun menteri sebelumnya, Wishnutama Kusubandio.

Sebagai langkah awal, Sandiaga akan menjalin kerja sama dengan Asosiasi Toilet Indonesia (ATI). Dia menargetkan, toilet memiliki desain dan fasilitas yang baik, yang nantinya akan mempengaruhi tingkat kunjungan wisata.

Adapun Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Hari Santosa Sungkari berharap ATI dapat membantu Kemenparekraf merevitalisasi toilet agar nyaman digunakan turis. Hari menjelaskan, setelah kelar di lima destinasi super prioritas, revitalisasi akan dilanjutkan ke destinasi yang lain.

"Yang sangat penting saat ini dan kritis adalah di destinasi wisata yang publik seperti pantai, gunung," katanya.
Ketua ATI Naning Adiwoso mengatakan pihaknya siap bekerja sama dengan Kementerian untuk merevitalisasi toilet di destinasi wisata. Dia memandang pembenahan toilet merupakan bagian dari upaya bersama untuk menciptakan destinasi wisata yang sehat.

"Saya harap ke depannya toilet ini menjadi sangat penting karena menurut WHO, negara yang maju itu kalau negaranya sehat," ucapnya.

Pada Mei 2020, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif saat itu, Wishnutama Kusubandio, mengatakan kebersihan toilet di destinasi tujuan turis ini sudah pernah disinggung oleh Presiden Joko Widodo alias Jokowi.

Ia mengungkapkan, dalam sebuah rapat terbatas, Jokowi meminta dia menyiapkan toilet-toilet umum sekelas bintang empat seperti yang sudah dibangun di Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, Nusa Tenggara Barat. 

Tak hanya soal toilet, Wishnutama pun menyinggung keamanan turis-turis di titik wisata olahraga, seperti di spot penyelaman, mesti terjamin. "Bagaimana caranya agar mereka (wisatawan) enggak insecure (was-was) dirinya akan terjadi apa-apa saat diving," ucap menteri yang digantikan Sandiaga Uno tersebut. [Gelora.co]

Sandiaga Uno Luhut Binsar ekonomi


Loading...