Demokrat Ingatkan Calon Kapolri 'Jaga Keberagaman, Menjaga Keberagaman & Tak Main Hakim Sendiri'

Demokrat Ingatkan Calon Kapolri 'Jaga Keberagaman, Menjaga Keberagaman & Tak Main Hakim Sendiri'
(Merdeka.com/Muhammad Genantan Saputra : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 13 Januari 2021 13:33 WIB

Terasjabar.id - Presiden Jokowi menunjuk Komjen Listyo Sigit Prabowo menjadi calon tunggal Kapolri. Jokowi tinggal menunggu persetujuan DPR untuk melantik Sigit yang menggantikan Jenderal Idham Azis karena pensiun.

Menanggapi itu, Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Demokrat Benny K Harman berharap calon Kapolri yang akan datang memiliki kemampuan dalam menjaga keberagaman dan berdiri di atas semua golongan yang ada di Indonesia agar tetap harmoni.

Hal lain yang perlu diutamakan dalam tugas, kata Benny, Kapolri harus menjunjung tinggi nilai demokrasi, menjaga netralitas dari kepentingan politik, serta yang mutlak harus ditegakkan aturan hukum yang berlaku dengat tetap menjaga profesionalisme Polri.

"Kapolri harus benar-benar tegakkan aturan hukum, menjaga keberagaman dan kemajemukan masyarakat, tidak main hakim sendiri atas nama stabilitas politik, jaga netralitas dalam pemilu dan pilkada, dan menjaga nilai-nilai demokrasi," papar Benny kepada wartawan, Selasa (12/1).

Waketum Demokrat ini ingin Kapolri yang terpilih nanti memiliki integritas dan berdiri di atas semua kelompok. Dia tidak berharap Kapolri yang nantinya ditunjuk menjadi bagian dan menjalankan kepentingan kelompok tertentu.

FOLLOW JUGA :

"Kapolri yang ditunjuk hendaknya berdiri di atas semua kelompok, golongan, dan kepentingan, tidak menjadi bagian dari agenda politik kekuasaan dari partai yang berkuasa," ujar Benny.

Meskipun demikian, dia menyadari bahwa Presiden Jokowi memiliki hak prerogatif untuk mengajukan nama calon Kapolri. Dia hanya berharap pemilihan nama calon Kapolri tidak dipengaruhi pihak lain.

"Presiden punya hak eksklusif untuk mengajukan nama calon Kapolri ke DPR RI berdasarkan nama-nama yang diajukan Kompolnas. Harap Presiden tidak dibelenggu kekuatan oligarki dalam menentukan figur Kapolri mendatang," ungkap Benny.

Seperti diketahui, Kompolnas mengajukan lima nama jenderal bintang tiga sebagai rekomendasi calon Kapolri kepada Jokowi. Mereka adalah Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono, Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo, Kabaharkam Komjen Agus Andrianto, Kalemdiklat Komjen Arief Sulistyanto dan Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar.

Disadur dari Merdeka.com 

Presiden Jokowi DPR Komjen Listyo Sigit Prabowo Calon Kapolri Jenderal Idham Azis


Loading...