Pemkot Yogyakarta Mulai Menerapkan PTKM, Begini Suasana Malam Malioboro

Pemkot Yogyakarta Mulai Menerapkan PTKM, Begini Suasana Malam Malioboro
(Merdeka.com/Purnomo Edi : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 12 Januari 2021 11:04 WIB

Terasjabar.id - Pemkot Yogyakarta mulai menerapkan Pembatasan secara Terbatas Kegiatan Masyarakat (PTKM) pada Senin (11/1). Di hari pertama penerapan PTKM, Pemkot Yogyakarta menutup aktivitas perekonomian pada pukul 19.00 WIB.

Salah satu kawasan perekonomian yang ditutup adalah Malioboro. Malioboro ditutup sejak pukul 19.00 WIB.

Toko-toko, lapak penjual kaki lima (PKL) dan warung lesehan yang biasanya buka hingga pukul 22.00 WIB diminta untuk tutup pukul 19.00 WIB. Ditutupnya toko, lapak PKL dan warung lesehan ini membuat suasana Malioboro sepi dan lengang.

Salah satu PKL di Malioboro, Iman Nur Santo menuturkan jika ada intruksi untuk menutup lapak lebih cepat yaitu pukul 19.00 WIB. Iman mengaku dirinya mematuhi aturan penutupan lebih awal ini.

Warga Seturan, Kabupaten Sleman ini menyebut dirinya mendukung langkah pemerintah yang melakukan penerapan PTKM. Iman menuturkan jika selama beberapa minggu belakangan ini kasus Covid-19 di DIY mengalami peningkatan kasus.

FOLLOW JUGA : 

"Mau enggak mau ya harus patuh aturan. Semua di Malioboro diminta tutup. Kalau saya seh gakpapa, demi kebaikan bersama," ucap Iman, Senin (11/1) malam.

Iman mengakui selama pandemi omzet penjualannya mengalami penurunan. Di masa pandemi, kata Iman, dirinya hanya mampu meraup Rp 500 ribu perhari. Sementara dengan penerapan PKTM, Iman menduga omzetnya akan kembali turun.

"Saya biasa buka jam 8 pagi sampai jam 10 malam. Kalau dimasa pandemi ini omzet turun. Cuma dapat Rp 500 ribu. Nah hari ini (saat PKTM diterapkan) saya baru dapat Rp 200 ribu. Ya disyukuri saja toh ini demi kebaikan bersama," ujar pedagang kerajinan yang sudah berjualan selama 12 tahun di Malioboro ini.

Terpisah Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi mengatakan aktivitas perekonomian akan ditutup selama PTKM dari tanggal 11-25 Januari 2020. Penutupan ini tak hanya di kawasan Malioboro namun juga diseluruh wilayah Kota Yogyakarta.

"Sesuai SE Wali kota semua aktivitas perekonomian tutup pada pukul 19.00, kecuali yg melayani online, pesan antar atau drive thru. Jadi seluruh kota, kemantren (kecamatan) melakukan monitoring di semua wilayah kota Yogyakarta," tutur Heroe.


Disadur dari Merdeka.com 

Pemkot Yogyakarta PTKM Pandemi Covid-19 Prokes Aktivitas Perekonomian


Loading...