Sidang Pleno Kongres AS, Joe Biden dan Kemala Haris Akhirnya Disahkan Sebagai Pemenang

Sidang Pleno Kongres AS, Joe Biden dan Kemala Haris Akhirnya Disahkan Sebagai Pemenang
(Fajar Online : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 8 Januari 2021 10:41 WIB

Terajsabar.id – Joe Biden dan Kemala Haris akhirnya disahkan sebagai pemenang pemilihan Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat oleh Dewan Perwakilan dan Senat AS pada hari Kamis (7/1) dalam sidang pleno Kongres AS di Washington.

Wakil Presiden saat ini Mike Pence, yang memimpin sidang, menyatakan bahwa Kongres telah mengonfirmasi hasil yang dilaporkan Electoral College dari masing-masing negara bagian.

Penghitungan resmi hasil Electoral College merinci pembagian 538 suara elektoral. 

Joe Biden sebagaimana diketahui memenangkan 306 dan petahana Donald Trump 232 suara. Joe Biden akan dilantik sebagai presiden baru AS pada 20 Januari mendatang.

Sehari sebelumnyasituasi di kompleks pemerintahan AS dilanda kekacauan, setelah massa pendukung Donald Trump menyerbu Capitol dan menerobos masuk ke gedung parlemen yang biasanya dijaga sangat ketat.

FOLLOW JUGA :

Situasi sempat menegangkan dan para anggota senat harus dievakuasi satuan pengaman khusus.

Dirilis Reuters, para pemrotes berusaha mencegah pengesahan pemilihan Joe Biden dan sempat melakukan perusakan kantor wakil rakyat, antara lain kantor juru bicara fraksi Demokrat Nancy Pelosi.

Sidang Kongres akhirnya bisa dilanjutkan setelah terhenti beberapa jam. Seorang perempuan tewas tertembak aparat keamanan, dan tiga orang lain meninggal dalam insiden itu.

Pimpinan kubu Republik dan Demokrat dalam reaksi mereka menegaskan, bahwa aksi kekerasan itu "tidak akan menggoyahkan" Kongres AS.

Jurubicara Senat dari Partai Republik Mitch McConnell menyebut penyerbuan ke Capitol sebagai "pemberontakan yang gagal." (tri)

Disadur dari Poskota.co.id

Joe Biden Kemala HAris Presiden Amerika Serikat Pandemi Covid-19


Loading...