Luis Suarez dan Diego Godin Turut Kecam Sanksi FA pada Cavani

Luis Suarez dan Diego Godin Turut Kecam Sanksi FA pada Cavani
(CNN Internasional : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Selasa, 5 Januari 2021 09:46 WIB

Terasjabar.id -- Rekan satu negara Edinson Cavani, Diego Godin dan Luis Suarez, mengecam larangan tampil di tiga pertandingan yang dijatuhkan Federasi Sepak Bola Inggris (FA) serta denda 100 ribu poundsterling kepada Cavani. Hukuman tersebut karena Cavani membalas temannya di Instagram yang menulis bahasa Spanyol “gracias, negrito” sebuah istilah yang dapat diartikan sebagai rasis di Inggris Raya.

Pernyataan yang dikeluarkan Asosiasi Pemain Sepak Bola Uruguay yang mengecam hukuman tersebut diposting oleg Godin dan Suarez. Mereka mencap FA bodoh dan rasis serta menyerukan agar hukuman dibatalkan.

Kata-kata Cavani tersebut dianggap rasis di Inggris Raya. Namun bagi komunitas Afro Uruguay di Amerika Selatan dan Karibia, itu merupakan istilah sayang.

Federasi Uruguay juga tak tinggal diam. Mereka merujuk komentar yang dibuat Akademi Sastra Uruguay yang juga mengecam sanksi tersebut. Menurut mereka, sanksi tersebut menandakan kurangnya pengetahuan terhadap budaya dan bahasa di sepak bola Inggris.

“Kita harus mengutuk tindakan sewenang-wenang Asosiasi Sepak Bola Inggris. Jauh dari mengutuk rasisme, Asosiasi Sepak Bola Inggris sendiri telah melakukan tindakan diskriminatif terhadap budaya dan cara hidup masyarakat Uruguay,” demikian pernyataan yang dikeluarkan Godin dan Suarez, dilansir dari ESPN, Selasa (5/1).

FOLLOW JUGA :


Mereka menambahkan, Cavani tak pernah melakukan apapun yang dapat diartikan sebagai tindakan rasis. Dia hanya menggunakan ungkapan umum di Amerika Latin untuk menyapa orang yang dicintainya atau teman dekat dengan mesra.

Tindakan FA dinilai diskriminatif dan tercela serta bertentangan dengan budaya Uruguay. Godin dan Suarez ingin membela kepentingan publik di Uruguay. Mereka mengeklaim Cavani memiliki karakter sempurna dalam menjunjung budaya tanah kelahirannya. "Kami semua menentang segala jenis diskriminasi. Namun sayangnya, melalui sanksi tersebut, Asosiasi Sepak Bola Inggris menyatakan ketidaktahuan mutlak dan meremehkan visi multikultural dunia," ujarnya.

Federasi Sepak Bola Uruguay menyebut Cavani sebagai orang yang berkarakter dan memiliki etika yang tak cacat. Cavani berkepala dingin, baik hati, dan berjiwa mulia. Karena itu, keputusan FA layak mendapatkan penolakan karena tak mempertimbangkan konteks budaya maupun bahasa Spanyol.

"Aturan pertama untuk melawan rasisme adalah menghormati cara hidup dan budaya yang berbeda. Kami meminta FA untuk segera membatalkan sanksi yang dijatuhkan pada Edinson Cavani dan mengembalikan nama baik dan kehormatannya di dunia yang telah dinodai secara tidak adil oleh keputusan tercela itu,” demikian bunyi pernyataan Federasi Sepak Bola Uruguay.

Sebelumnya, mengetahui komentarnya dianggap rasis di Inggris, Cavani kemudian menghapus postingan tersebut dan meminta maaf.

Disadur dari Republika.co.id

Timnas Uruguay Edinson Cavani Manchester United Sanksi FA Diego Godin Luis Suarez Premier League


Loading...