Vaksin Covid-19 Sinovac Telah Tiba di Kupang, Siap Diberikan Kepada 6.000 Nakes di NTT

Vaksin Covid-19 Sinovac Telah Tiba di Kupang, Siap Diberikan Kepada 6.000 Nakes di NTT
(Merdeka.com : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Selasa, 5 Januari 2021 09:31 WIB

Terasjabar.id - Vaksin covid-19 sinovac telah tiba di Kupang, Nusa Tenggara Timur, melalui kargo bandara El Tari Kupang, Selasa (5/1) sekitar pukul 6.00 WIT.

Sebanyak 13.200 dosis vaksin ini diangkut menggunakan maskapai Batik Air. Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Nusa Tenggara Timur, Emma Simanjuntak kepada wartawan menjelaskan, vaksin ini diperuntukan bagi seluruh tenaga kesehatan di seluruh wilayah Nusa Tenggara Timur. Pihaknya kini menunggu instruksi untuk di distribusikan ke seluruh kabupaten kota.

"Kita sudah lakukan pendataan tenaga kesehatan siapa saja yang harus mendapatkan vaksin, karena nanti akan dilakukan sebanyak dua kali dosis. Sehingga jika 13.200 kita bagi dua untuk 6.600-an tenaga kesehatan yang nanti mendapat vaksinasi pada kesempatan pertama," jelasnya.

FOLLOW JUGA :

Menurut Emma Simanjuntak, vaksin itu akan di distribusikan ke 378 puskesmas, 10 rumah sakit pemerintah, dua rumah sakit swasta dan sisanya akan diberikan kepada tenaga kesehatan yang berada di klinik-klinik swasta, yang telah diverifikasi untuk mendapat vaksinasi pada kesempatan pertama.

"Seluruh vaksin ini untuk sementara akan disimpan di gudang farmasi milik dinas kesehatan provinsi. Kita punya instalasi farmasi yang terletak di Pulau Indah, Kecamatan Kelapa Lima," kata Emma Simanjuntak.

Ia menambahkan, seluruh vaksin yang diterima hari ini akan disimpan dengan suhu dua sampai delapan derajat celcius di instalasi farmasi.

"Kita akan berlakukan vaksin covid-19 Sinovac seperti vaksin lain pada umumnya, ada yang di dua sampai delapan, ada yang di bawah nol derajat celcius dan perlakuan seperti SOP yang kita jalankan seperti biasanya di penyimpanan," ungkap Emma.

Disadur dari Merdeka.com

Pandemi Covid-19 Prokes Vaksin Sinovac NTT Kupang


Loading...