Setelah Rapid Test Antigen, 12 Orang Penumpang di Terminal Leuwipanjang Bandung Dinyatakan Reaktif Covid-19

Setelah Rapid Test Antigen, 12 Orang Penumpang di Terminal Leuwipanjang Bandung Dinyatakan Reaktif Covid-19
(tribunjabar/nazmi abdurrahman : Google)
Editor: Epenz Teras Bandung —Minggu, 3 Januari 2021 11:58 WIB

Terasjabar.id - Sedikitnya 12 calon penumpang di Terminal Leuwipanjang, Kota Bandung dinyatakan reaktif Covid-19.

Hal itu diketahui setelah dilakukan rapid test antigen oleh Dinas Perhubungan dan Dinas Kesehatan Kota Bandung.

Pengetesan terhadap calon penumpang di terminal Leuwipanjang dilakukan selama 10 hari, dimulai sejak Kamis 24 Desember 2020 dan menyasar sekitar 700 penumpang.

Kepala terminal Leuwipanjang, Asep Hidayat mengatakan, pengetesan yang dilakukan kepada penumpang sudah melebihi dari target. Total, kata dia, hingga Sabtu 2 Januari 2020 sudah ada 792 penumpang yang dites.

"Kita sudah mencapai target dan kemarin hari terakhir pemeriksaan. Total yang terperiksa sampai kemarin itu ada 792 penumpang, dari total 850 alat yang disiapkan," ujar Asep, saat dihubungi, Minggu (3/1/2021).

FOLLOW JUGA :

Dari 792 yang terperiksa, kata Asep, ada 12 penumpang yang dinyatakan reaktif virus corona. Para penumpang yang reaktif tidak dapat melanjutkan perjalannya dan langsung dirujuk ke Puskesmas daerah masing-masing untuk swab test PCR.

"Sampai kemarin itu ada 12 penumpang yang reaktif, mereka tersebar dari Bandung Raya, ada dari Kota Cimahi, Soreang (Kabupaten Bandung) dan Kota Bandung," katanya.

Sementara untuk sisa alat rapid yang ada, sambung Asep, kemungkinan akan dikembalikan kepada Dinas Kesehatan atau digunakan untuk rapid test anggota Dinas Perhubungan.

"Jadi, karena sudah mencapai target, sisanya (alat rapid) akan dikembalikan ke Dinas Kesehatan atau dipakai untuk Dinas Perhubungan," ucapnya.

Asep belum dapat memastikan apakah akan kembali memperpanjang pengetesan di terminal atau tidak.

"Belum ada instruksi, nanti menunggu instruksi," katanya.


Disadur dari Tribunjabar.id

Kota Bandung Pandemi Covid-19 Rapid Test Antigen Terminal Leuwipanjang


Loading...