Masuki 2021, Pemprov DKI Putuskan Siswa Sekolah Tetap Belajar dari Rumah

Masuki 2021, Pemprov DKI Putuskan Siswa Sekolah Tetap Belajar dari Rumah
Editor: Malda Hot News —Sabtu, 2 Januari 2021 09:54 WIB

Terasjabar.id 

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memutuskan untuk tetap menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau belajar dari rumah (BDR). Soalnya, pandemi COVID-19 belum aman untuk siswa hingga guru. Sekolah masih harus ditutup.

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sangat berhati-hati dalam mengambil kebijakan terkait pelaksanaan pembelajaran tatap muka secara langsung di semester genap TA 2020/2021. Prioritas utama adalah kesehatan dan keamanan para peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan. Pembelajaran tatap muka belum dapat dilaksanakan, sehingga seluruh sekolah di DKI Jakarta tetap melanjutkan pembelajaran dari rumah (BDR)," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta, Nahdiana, dalam siaran pers di situs PPID Jakarta, Sabtu (2/1/2020).

Meski demikian, Disdik DKI terus menyiapan pelaksanaan pembelajaran tatap muka dan bekerja sama dengan berbagai pihak terkait dalam mempersiapkan rencana pembelajaran tersebut. Beberapa rekomendasi pun telah diterima demi menjamin kesehatan dan keselamatan peserta didik dalam kebijakan pembelajaran tatap muka yang diambil.


Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim sebelumnya mengeluarkan kebijakan terkait sekolah tatap muka di tengah pandemi. Nadiem kini memperbolehkan pembelajaran tatap muka di sekolah mulai 2020/2021.

Nadiem menegaskan sekolah pembelajaran jarak jauh atau PJJ punya dampak negatif terhadap siswa maupun orang tua. Dampak itu termasuk psikososial.

""Mulai Januari 2021, ada tiga pihak yang menentukan apakah sekolah itu boleh dibuka atau tidak. Yang pertama adalah pemdanya sendiri, pemda atau dalam situasi yang lain kanwil atau kantor Kemenag," kata Nadiem Makarim dalam siaran YouTube Kemendikbud RI, 20 November 2020 lalu.

(dnu/idh/Detik)

DKI Jakarta PJJ Virus Corona Covid 19 Belajar di Rumah


Loading...