Wakil Ketua DPR RI Desak Malaysia Tangkap Pembuat Parodi Lagu Indonesia Raya

Wakil Ketua DPR RI Desak Malaysia Tangkap Pembuat Parodi Lagu Indonesia Raya
(dpr.go.id Via Merdeka.com)
Editor: Epenz Teras Viral —Senin, 28 Desember 2020 10:01 WIB

Terasjabar.id - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin mengecam dugaan penghinaan dan pelecehan lagu Indonesia Raya di akun Youtube My Asean yang mengaku berasal dari Malaysia.

Azis Syamsuddin medesak Kedubes Malaysia untuk Indonesia dapat mengambil langkah konkrit serta mengungkap aktor di balik parodi lagu Indonesia Raya tersebut. Kejadian ini dapat menimbulkan efek buruk bagi hubungan bilateral ke dua Negara.

"Malaysia harus dapat menangkap pelaku dan mengumumkan secara resmi. Ini sebuah penghinaan terhadap Simbol Negara bangsa Indonesia, Lagu Kebangsaan Indonesia Raya merupakan salah satu empat simbol Negara selain Bendera, Bahasa dan Lambang Negara" Kata Azis Syamsuddin dalam keterangannya, (28/12/2020).

Politisi Golkar itu meminta Kementerian Luar Negeri serta Institusi Negara yaitu Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) dan Badan Intelejen Negara (BIN) dapat melakukan komunikasi dan koordinasi serta mengambil langkah tegas dan terukur terhadap permasalahan tersebut.

FOLLOW JUGA :

"Kemenlu harus tegas menyampaikan nota diplomatik, mengirimkam surat protes kepada Pemerintah Malaysia dan pihak BSSN serta BIN dapat segera bekerja melakukan investigasi dan menggali informasi terhadap motif tersebut. Antar negara tetangga perlu saling menghormatiā€¯ ujarnya.

Kepolisian Malaysia tengah melakukan investigasi terkait video yang beredar di media sosial yang mendiskreditkan Republik Indonesia. Dalam video itu, lagu kebangsaan Indonesia Raya diubah liriknya dan melecehkan.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Teuku Faizasyah mengatakan, investigasi dilakukan kepolisian Malaysia sejak Sabtu (26/12).

"Berdasarkan laporan KBRI KL, pihak kepolisian Malaysia sedang melakukan investigasi hal ini. (Investigasi) kemarin," ujar Teuku kepada merdeka.com, Minggu (27/12).

Teuku belum bisa berkomentar banyak terkait lokasi pembuatan konten video tersebut. "Kita tunggu hasil investigasi ya," ucapnya.

Adanya video tersebut disampaikan oleh akun instagram @rizieqstres Minggu (27/12). Ia mengunggah video berdurasi 1.34 menit dengan caption "Martabat bangsa Indonesia benar-benar direndahkan. Bagaimana tidak, Presiden dan Lagu Indonesia Raya dilecehkan. Bahkan dalam lagu ini, Presiden Jokowi dan Soekarno dihina habis-habisan. Chanel You tube yang diduga membuat video ini adalah Asean channel my. Sekarang dia udah punya akun ke 2 namanya asean channel my 2."


Sumber : Liputan6.com

Disadur dari Merdeka.com 

Parodi Pelecehan WN Malaysia Lagu Indonesia Raya Simbol - Simbol Negara Indonesia Presiden Jokowi Wakil Ketua DPR RI


Loading...