Mempertahankan Karawang Sebagai Lumbung Pangan, Perum Jasa Tirta II Bersama Satgas Citarum Harum Sektor 19 Panen Bersama

Mempertahankan Karawang Sebagai Lumbung Pangan, Perum Jasa Tirta II Bersama Satgas Citarum Harum Sektor 19 Panen Bersama
(Tribun Jabar/Muhamad Nandri Prilatama : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 27 Desember 2020 10:01 WIB

Terasjabar.id - Perusahaan Umum (Perum) Jasa Tirta II bersama Satgas Citarum Harum Sektor 19 memanen padi bersama di lahan pertanian Desa Payungsari, Kecamatan Pedes, Karawang, yang memang areal daerah irigasi Jatiluhur dan masuk dalam wilayah kerja PJT II.

Panen bersama ini bagian dari rasa syukur atas kerja sama yang telah terjalin dengan baik antara PJT II dengan Satgas Citarum Harum Sektor 19, Karawang, BP3A, dan para petani di tengah pandemi guna mempertahankan Karawang sebagai lumbung pangan.

General Manager Wilayah II PJT II, Resky Haraveno, mengatakan, kegiatan panen bersama ini menjadi bentuk komitmen dari PJT II yang memang sebagai BUMN pengelola sumber daya air dalam mendukung program ketahanan pangan nasional, seperti tagline PJT, 'Air untuk Menghidupi Negeri'.


Resky mengapresiasi dan mengucapkan rasa terima kasih kepada semua pihak yang selama ini telah membantu PJT II dalam melaksanakan tugas dan berharap hubungan dan sinergitas ini dapat terus berjalan dengan baik.

FOLLOW JUGA :

"Saya dapat pesan untuk mengimbau dari Direktur Operasi dan Pemeliharaan PJT II, Anton Mardiyono, agar masyarakat bisa ikut berperan aktif dalam menjaga kebersihan saluran irigasi dan sungai. Caranya dengan tidak membuang sampah ke sungai dan saluran irigasi atau sumber air lainnya. Sebab, terpeliharanya prasarana SDA, manfaatnya akan dirasakan warga," kata Resky, Minggu (27/12/2020).

Dansektor 19 Satgas Citarum Harum, Kolonel Chb Widodo, mengungkapkan terima kasih kepada PJT II yang sudah mau bersinergi dengan Satgas Citarum dalam memelihara aliran Sungai Citarum ini.

Baginya, kegiatan panen bersama ini merupakan bukti dari sinergitas yang terjalin dengan baik selama ini.

"Kami mengimbau pula kepada warga Karawang agar selalu perhatikan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan apapun demi keselamatan kita bersama," ujarnya.

Sekdes Payungsari, Hasan Basri, yang juga mewakili dari kelompok tani di wilayah Kecamatan Pedes juga berterima kasih kepada PJT II dan Satgas Citarum Sektor 19. Menurutnya kebutuhan air bagi sawah-sawahnya, meskipun sebenarnya jauh dari bendungan.

Tetapi, sawah mereka tetap terairi dengan baik.


"Alhamdulillah sebagai bentuk rasa syukur kami pun melaksanakan pemberian santunan kepada anak yatim piatu di Desa Payungsari dan pemberian bingkisan bantuan ke beberapa perwakilan petani," katanya.

Tak hanya di Kecamatan Pedes, kegiatan serupa juga dilaksanakan di Desa Purwajaya, Kecamatan Tempuran, Karawang. Kegiatan itu dihadiri Kepala UPTD Tempuran, Yadi; Kepala Desa Purwajaya, Tarno; dan tokoh masyarakat Purwajaya.

Yadi mengatakan, panen padi di sana mencapai delapan sampai sembilan ton per hektare. Bahkan ada yang mencapai 10 ton per hektare, sehingga dari segi produktivitas sangatlah bagus.

Di samping itu, Ketua Gapoktan Desa Purwajaya, Dayim, berharap mereka bisa selalu melakukan panen dua kali dalam setahun seperti tahun ini.



Disadur dari Tribunjabar.id

PJT II Lahan Pertanian Desa Payungsari Karawang Pandemi Covid-19 PRokes


Loading...