DPR Meminta Pemerintah Menyiapkan Rencana Strategis Untuk Mencegah Lonjakan Covid-19 saat Libur Akhir Tahun

DPR Meminta Pemerintah Menyiapkan Rencana Strategis Untuk Mencegah Lonjakan Covid-19 saat Libur Akhir Tahun
(Tribunnews.com : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 16 Desember 2020 12:41 WIB

Terasjabar.id - Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin meminta pemerintah menyiapkan rencana strategis menghadapi potensi lonjakan kasus Covid-19 di liburan akhir tahun. Pemerintah perlu menyiapkan langkah tegas bagi masyarakat yang tidak menerapkan protokol kesehatan.

"Pemerintah wajib mempersiapkan rencana strategis menjelang libur Natal dan Tahun Baru. Keamanan umum dan protokol kesehatan harus menjadi prioritas, maka perlu ada langkah-langkah konkret dalam mengantisipasi lonjakan wisatawan domestik. Jika ada aturan yang tegas, masyarakat pasti akan mematuhinya," Kata Azis dalam keterangannya, Rabu (16/12).

Azis mengatakan, dikabarkan penjualan tiket libur akhir tahun meningkat ke berbagai tujuan di Indonesia, terutama Bali. Ia mengingatkan, pemda harus mampu sosialisasi dan tegas menindak hal yang terkait protokol kesehatan.

"Yang terpenting adalah bahwa Pemda harus mampu mensosialisasikan, mengawasi dan menindak tegas hal-hal terkait protokol kesehatan. Harus Aktif, sehingga memberi kenyamanan bagi para wisatawan. Pemda bertangung jawab baik secara moril maupun tugasnya sebagai aparatur negara sehingga tidak terjadi peningkatan Covid-19 di daerah masing-masing, khususnya di libur akhir tahun ini," ucapnya.


Peran Aktif Kemenpar

Azis mendorong peran Kementerian Pariwisata untuk dapat bersinergi dan melakukan peningkatan komunikasi dan koordinasi dengan Pemda dalam membangun pariwisata di era covid-19. Menurutnya Kementerian perlu lebih kreatif dan aktif dalam membuat regulasi bagi Pemda sehingga penerapan pada fasilitas umum agar dapat terimplimentasi dengan sempurna.

"DPR mengharapkan peran aktif dari Kementerian Pariwisata dalam membuat SOP, regulasi dan pengawasan yang menjadi acuan wajib bagi para pelaku usaha pariwisata. Ini adalah konsekuensi atas situasi yang ada saat ini, demi menjaga masyarakat tanpa terkecuali. Penerapan protokol ini perlaku untuk seluruh lapisan masyarakat tanpa terkecuali," ujarnya.

FOLLOW JUGA :

Politikus Golkar ini mengatakan pemerintah harus bisa mengantisipasi momentum libur akhir tahun agar tidak ada lonjakan kasus Covid-19. Azis menilai dampak dari peningkatan Covid-19 akan berpengaruh langsung terhadap perlambatan pemulihan ekonomi, kesehatan masyarakat dan ketertiban umum. Ia mendesak agar pemerintah memiliki strategi yang matang dalam mengantisipasi situasi ini.

"DPR berharap pemerintah memiliki strategi yang matang sehingga tidak terjadi lonjakan kasus Covid-19 yang dapat berdampak pada perlambatan pertumbuhan ekonomi. Maka baik Pemerintah dan masyarakat harus saling bekerjasama dalam menjaga protokol kesehatan. Sehingga roda ekonomi dapat terus berputar, dan kita menjadi bangsa yang disiplin, sehat jasmani dan rohani," tutupnya.


Disadur dari Merdeka.com 

Pandemi Covid-19 Prokes Libur Akhir Tahun Wakil Ketua DPR RI


Loading...