Kabupaten Purwakarta Meraih Penghargaan AKI 2020 dari Kemendikbud, 'Penghargaan Ini buat Warga Purwakarta' Ujar Bupati Anne

Kabupaten Purwakarta Meraih Penghargaan AKI 2020 dari Kemendikbud, 'Penghargaan Ini buat Warga Purwakarta' Ujar Bupati Anne
(ist/Tribunjabar.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Minggu, 13 Desember 2020 14:22 WIB

Terasjabar.id - Kabupaten Purwakarta meraih penghargaan anugerah kebudayaan Indonesia (AKI) 2020 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengatakan penghargaan itu bentuk apresiasi negara ke seluruh warga Purwakarta terutama ke para pegiat seni, adat istiadat, dan kebudayaan.

"Penghargaan ini bukan untuk diri saya sebagai bupati. Tapi, ini penghormatan dari negara ke seluruh warga Purwakarta terutama pada adat istiadat, kebudayaan, kesenian, dan hal lain termasuk dengan kekayaan alamnya," katanya, Minggu (13/12/2020).

Penghargaan ini, kata Anne, hasil dari kolaborasi dan sinergitas baik antara insan kebudayaan yang dikoordinasi oleh Disporaparbud Purwakarta.

Penghargaan ini kolaborasi bagi insan kebudayaan, insan seni, yang mengoordinasikan Disporaparbud Purwakarta dan menyinergikannya agar kebudayaan-kebudayaan, kesenkan, hingga adat istiadat menjadi sesuatu yang bisa dihadirkan untuk memperkuat pariwisata Purwakarta.

FOLLOW JUGA :

Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan Kemendikbud, Judi Wahjudin menjelaskan pada 2020 usulan yang masuk terkait AKI ada sebanyak 331 pemda. Namun, hanya ada lima pemda yang lengkap dan terverifikasi.

"Alhamdulillah Pemda Purwakarta menjadi salahsatu penerima AKI. Jadi, anugerah ini sesuai keputusan Mendikbud. Anugerah ini punya dua sisi, yakni sebagai apresiasi dan tantangan atau peluang bagi Purwakarta," katanya.

Selanjutnya, tim penilai yang diwakili Budiman Sujatmiko menilai bahwa Purwakarta memang layak menyabet penghargaan ini. AKI kata Budiman, penghargaan yang diberikan Kemendikbud untuk individu, komunitas, lembaga, dan pemda yang telah berdedikasi untuk menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia. 

"Selain Purwakarta, pemda lainnya yang meraih penghargaan ini adakah Garut dan Kota Yogyakarta," katanya.


Disadur dari Tribunjabar.id

Kabupaten Purwakarta Penghargaan AKI 2020 Kemendikbud


Loading...