Kasus HIV/AIDS Di Kuningan Meningkat Didominasi Heterosexsual

Kasus HIV/AIDS Di Kuningan Meningkat Didominasi Heterosexsual
Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda
Editor: Epenz Teras Kuningan —Rabu, 2 Desember 2020 08:27 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Penderita HIV/AIDS juga adalah manusia, yang punya cinta, kasih, keluarga, cita-cita dan masa depan, sehingga masyarakat disekelilingnya harus menempatkannya sebagai sahabat atau keluarga dan jangan dikucilkan. Demikian disampaikan Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, dalam giat Pemberian Sembako kepada Kelompok Dukungan Sebaya (KDS) Edelweis Dalam Rangka Peringatan Hari AIDS Sedunia tingkat Kabupaten Kuningan, di Aula Wisma Permata Kuningan, Selasa (01/12-2020)

“Hari ini seluruh dunia memperingati hari AIDS sebagai upaya untuk meningkatkan kita semua bahwa betapa HIV AIDS menjadi hal yang sangat menakutkan. Data menunjukan telah terjadi perubahan proporsi kasus bau HIV dan AIDS dalam kurun waktu tujuh tahun terakhir ini. Semula di dominasi oleh pengguna narkoba suntik sekarang peningkatan kasus terjadi di heteroseksual,” tuturnya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan, kasus HIV/AIDS cenderung mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Temuan kasus dari tahun 2013 sampai dengan tahun 2020 sebanyak 473 kasus.

“Visi Agamis harus menjadi spirit semua pihak, untuk berprilaku sesuai dengan norma-norma hukum, baik hukum agama maupun hukum negara. Dan sudah saatnya generasi selanjutnya harus lebih baik dan bisa meningkatkan ketahanan diri melalui iman dan taqwa, karena penularan HIV terjadi akibat perilaku beresiko seperti hubungan seksual dan narkoba suntik,” paparnya.

Wabup Ridho meminta, momentum hari AIDS sedunia dapat dijadikan sebagai wahana untuk menumbuhkan kepedulian terhadap penderita HIV/AIDS atau yang disebut ODHA, baik dengan memberikan dukungan dalam lingkungan sosial maupun dukungan secara material.

"Pemerintah tetap menunjukan kepedulian serius terhadap penyakit ini, sebagai manusia mari menempatkan penderita sebagai warga yang memiliki hak untuk hidup dan hak untuk bermasyarakat," pungkasnya.

Sementara itu, Wabup Ridho didampingi Kabag Kesra Setda Kuningan, H. Nunung Nurjati, S.Pd., M.Si, secara simbolis memberikan bantuan paket sembako kepada sejumlah penerima.

Acara dihadiri perwakilan TP PKK Kab.Kuningan, Dharma Wanita Persatuan, Perwakilan dari Polres Kuningan, Ketua MUI, Pengurus KPA Kab.Kuningan, Pengurus KDS Edelweis Kuningan, serta undangan lainnya. (H WAWAN JR)

Penderita HIV/AIDS Heterosexsual Kabupaten Kuningan Pandemi Covid-19 KDS Edelwis


Loading...