Tiga Gunung Berapi di Indonesia Meletus Dalam Tempo Waktu yang Berdekatan, Gunung Merapi-Semeru-Lewotolok Meletus Berurutan, Begini Kata PVMBG

Tiga Gunung Berapi di Indonesia Meletus Dalam Tempo Waktu yang Berdekatan, Gunung Merapi-Semeru-Lewotolok Meletus Berurutan, Begini Kata PVMBG
(ANTARA FOTO/Umarul Faruq : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 1 Desember 2020 10:23 WIB

Terasjabar.id - Tiga gunung berapi di Indonesia meletus dalam tempo waktu yang berdekatan. Mulai dari Gunung Merapi di Jawa Tengah, Gunung Semeru di Jawa Timur, kemudian Gunung Lewotolok di Nusa Tenggara Timur.

Sejumlah orang mengaitkan letusan ketiga gunung tersebut berkaitan satu sama lainnya. Lalu bagaimana menurut Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)?

Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat PVMBG Nia Haerani mengatakan tidak ada hubungannya antara letusan Merapi, Semeru dan Gunung Lewotolok tersebut.

FOLLOW JUGA :

"Ketiga gunung tersebut erupsi karen faktor internal gunung api. Masing-masing gunung punya sistem sendiri, tidak berhubungan satu dengan yang lainnya," kata Nia Haerani menjawab cekak saat dihubungi SuaraJatim, kemarin.

Sebelumnya, ketiga gunung berapi aktif di Indonesia tersebut meletus dengan selisih waktu yang berdekatan. Dimulai dari barat, yakni Gunung Merapi di Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Tiga pekan lalu Gunung Merapi juga diberitakan erupsi mengeluarkan asap dan materail. Statusnya pun menjadi Siaga. Beberapa hari kemudian giliran Gunung Semeru yang meletus melontarkan lava sejauh satu kilometer.

Status Gunung Semeru sekarang Siaga. Masyarakat di sekitar gunung juga diminta hati-hati. Bahkan BPBD juga sudah menutup jalur pendakian ke Semeru.

Selang sehari bergeser ke timur. Gunung Lewotolok di Nusa Tenggara Timur meletus menyemburkan material vulkanik. Masyarakat di sekitar Lewotolok juga diminta waspada oleh BPBD setempat.

Disadur dari Suara.com 

Gunung Merapi Gunung Semerum Gunung Lewotolok Gunung Berapi Pandemi Covid-19 PVMBG


Loading...