Tak Hanya Utuh, Jasad Kiai di Sampang yang 3 Tahun Terkubur Ini Juga Wangi

Tak Hanya Utuh, Jasad Kiai di Sampang yang 3 Tahun Terkubur Ini Juga Wangi
Editor: Malda Teras Viral —Jumat, 27 November 2020 12:57 WIB
Terasjabar.id - Jasad Kiai Baidowi di Sampang menjadi sorotan dalam beberapa hari terakhir. Selain diketahui masih utuh setelah 3 tahun dikebumikan, jasadnya juga tercium wangi.

Masyarakat Kampung Langpanggang, Dusun Banbalang, Desa Batoporo Barat, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang, Madura kagum akan jasad KH Ahmad Baidowi itu. Jasad Kiai Baidowi diketahui masih utuh usai anaknya, KH Sufyan Ahmad menemukan makam tersebut ambruk akibat guyuran hujan deras pada Senin (23/11).


"Biasanya kan ada bau seperti kayak busuk, tapi ini enggak. Posisinya juga masih seperti semula," ungkap Kiai Sufyan kepada detikcom, Jumat (27/11/2020).


Tak hanya itu, Sufyan juga menceritakan jika makam abahnya sempat tergenang air akibat hujan deras. Namun, air tersebut juga tidak mengeluarkan bau.

"Karena (di dalam liang lahad) airnya masih banyak, kan biasanya airnya bau. Tapi itu enggak," imbuhnya.



Ia menambahkan, pihaknya saat itu langsung memperbaiki makam dengan bantuan masyarakat sekitar. Kiai Sufyan mengaku terkejut saat melihat jenazah orang tuanya masih utuh. Bahkan, rambut Kiai Baidowi juga ditemukan masih ada.

"Terus diperbaiki sama santri, kemudian banyak masyarakat yang datang saat itu. Karena itu amblesnya dalam. Oleh saya disuruh perbaiki sampai ke dalam. Ternyata di dalamnya, pembatas antara mayit itu ternyata patah semua. Tapi alhamdulillah mayitnya tidak berubah, masih utuh," lanjut Kiai Sufyan.



Namun, Kiai Sufyan tidak memperkenankan orang lain untuk masuk ke liang lahad dan memegang jenazah. Proses perbaikan makam Kiai Baidowi dilakukan dengan mengganti kain kafan. Tetapi tanpa memindahkan jasad dan mengubah posisinya.

"Terus mayit tidak disentuh santri atau masyarakat. Memang tidak saya perbolehkan. Saya minta posisinya jangan diubah, jadi seperti yang ada," pungkasnya.

Sosok Kiai Baidowi merupakan kiai yang senang memberikan ajaran agama bagi masyarakat di kampungnya. Kyai Baidowi wafat tiga tahun lalu dan dikebumikan di sisi utara Masjid Darul Iman.(RMOL/Gelora.co)

Kiai Sampang Desa Batoporo Barat Jasad


Loading...