Krisis Bek Tengah, Banyak yang Cedera, Bisakah Liverpool Lakukan Transfer Darurat?

Krisis Bek Tengah, Banyak yang Cedera, Bisakah Liverpool Lakukan Transfer Darurat?
(Bola.net : Google)
Editor: Epenz Sport Style —Kamis, 12 November 2020 11:36 WIB

Terasjabar.id - Liverpool semakin terjerumus dalam krisis bek tengah setelah Joe Gomez mengalami cedera saat bergabung dengan skuad Timnas Inggris, Kamis (12/11/2020). Dalam kondisi mendesak, bisakah The Reds melakukan transfer darurat?

Joe Gomez mengalami cedera jelang Inggris menghadapi Irlandia, Belgia, dan Islandia. Dia dibekap cedera lutut saat menjalani latihan.

Meski tingkat keparahan cedera bek 23 tahun itu belum bisa dipastikan, kabar tersebut jelas membuat pelatih Liverpool Jurgen Klopp pusing bukan kepalang.

Pasalnya, Gomez adalah pemain bertahan keempat Liverpool yang menjadi korban cedera musim ini. Sebelumnya, Virgil van Dijk, Fabinho, dan Trent Alexander-Arnold sudah lebih dulu masuk ruang perawatan.

Insiden kiper Everton, Jordan Pickford saat menghantam bek Liverpool, Virgil van Dijk. (PETER BYRNE / POOL / AFP)
Insiden kiper Everton, Jordan Pickford saat menghantam bek Liverpool, Virgil van Dijk. (PETER BYRNE / POOL / AFP)

Van Dijk akan absen panjang karena cedera ligamen lutut (ACL) usai mendapat tubrukan keras dari kiper Everton Jordan Pickford pada Oktober lalu.

Sementara Fabinho yang sejatinya berposisi gelandang, mengalami cedera hamstring saat Liverpool menghadapi Midtjylland di Liga Champions.

Setelah mendapat suntikan segar usai Joel Matip pulih dari cedera, Jurgen Klopp kembali dibikin kesal lantaran bek kanan andalan mereka, Alexander-Arnold dibekap cedera saat menghadapi Manchester City pekan lalu.

Belakangan juga terungkap bahwa bek kanan mereka itu dilaporkan mengalami cedera betis dan bisa absen hingga pertengahan Desember.

Kondisi itu membuat pilihan pemain bertahan untuk Jurgen Klopp kian menipis. Liverpool kini hanya memuliki bek-bek muda kurang pengalaman Nathaniel Phillips, Rhys Williams dan Billy Koumetio untuk mengisi kekosongan.

Nathaniel Phillips bikin debut fantatis saat Liverpool mengalahkan West Ham United. (PETER POWELL / POOL / AFP)
Nathaniel Phillips bikin debut fantatis saat Liverpool mengalahkan West Ham United. (PETER POWELL / POOL / AFP)

Idealnya, Liverpool bisa melakukan transfer darurat di tengah krisis cedera. Tapi aturan Liga Inggris membuat tim-tim peserta tidak memiliki keistimewaan seperti yang dimiliki klub di liga-liga lain.

Kasus serupa pernah menimpa Barcelona, di mana mereka mengalami krisis penyerang akibat cederanya Luis Suarez.

Karena aturan transfer darurat, Barca bisa mendatangkan Martin Braithwaite dari Leganes di luar jendela transfer.

FOLLOW JUGA :

Sementara di Liga Inggris, tidak ada klausul yang memungkinkan tim-tim peserta untuk membeli pemain dari sesama tim inggris lainnya saat bursa transfer ditutup.

Sementara itu, sistem pinjaman darurat yang mungkin memberi Liverpool kesempatan untuk mendapatkan pengganti sementara tak lagi berlaku. Aturan itu telah dibatalkan oleh FIFA empat tahun lalu.

Satu-satunya pilihan Liverpool adalah mendatangkan pemain agen bebas atau yang saat ini tak memiliki klub. Namun tak banyak pemain tanpa klub yang memiliki kualitas bagus.

Jika tetap ingin mendatangkan pemain agen bebas, Liverpool mungkin bisa menjadikan mantan bek tengah Real Madrid Ezequiel Garay (34) sebagai kandidat.

Ezequiel Garay, Bek Valencia. [Antara]
Ezequiel Garay, Bek Valencia. [Antara]

Setelah dibekap cedera ligamen dan meninggalkan Valencia Februari lalu, Garay belum memiliki klub.

Klopp juga bisa membawa Kevin Stewart kembali ke klub, mengingat pemain berusia 27 tahun itu membuat 20 penampilan tim utama untuk Liverpool sebelum dia pergi ke Hull.

Pilihan lain dengan pengalaman Liga Premier adalah mantan bintang Swansea Ashley Williams, sekarang berusia 36 tahun.

Atau ada juga Mapou Yanga-Mbiwa, yang membuat 46 penampilan tim utama untuk Newcastle dan dirilis oleh Lyon pada musim panas lalu.

Disadur dari Suara.com

Liverpool Joe Gomez Skuad Timnas Inggris Jurgen Klopp Krisis Pemain Bertahan Pandemi Covid-19


Loading...