Respon Presiden Turki, Setelah Diguncang Gempa M 7,0

Respon Presiden Turki, Setelah Diguncang Gempa M 7,0
Editor: Malda Teras Viral —Sabtu, 31 Oktober 2020 08:29 WIB

Terasjabar.id - Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan angkat suara perihal gempa berkekuatan M 7,0 yang mengguncang provinsi Izmir, Turki, Jumat (30/10/2020). Erdogan berharap situasi di Izmir segera pulih seperti sedia kala.

"Dengan semua sarana dan prasarana yang ada, kami mendukung warga kami yang terkena dampak gempa. Kami mengambil tindakan untuk memulai pekerjaan yang diperlukan di wilayah itu dengan melibatkan semua kementerian dan lembaga terkait," tulis Erdogan di akun Twitternya.

Seperti dilaporkan CNN International, gempa itu berpusat di Laut Aegea, Jumat (30/10/2020) sore. Masyarakat Izmir pun melarikan diri dari tempat mereka beraktivitas.


Menurut CNN International, setidaknya 20 bangunan hancur. Menteri Dalam Negeri Turki Suleyman Soylu via akun Twitternya pun bilang sejumlah bangunan di Bornova dan Bayrakli juga hancur.

Seperti dilaporkan BBC, USGS mencatat gempa itu terasa hingga Athena (ibu kota Yunani) dan Istanbul (salah satu kota terbesar di Turki). Laporan mengatakan gempa juga dirasakan di Pulau Kreta, Yunani.

Turki dan Yunani memang sama-sama berada di garis patahan gempa. Gempa bumi merupakan peristiwa yang lazim terjadi.

Terbaru, pada Januari 2020, gempa besar terjadi di Sivrice, Provinsi Elazig, timur Turki. Sebanyak 30 orang tewas dan 1.600 lainnya terluka akibat peristiwa itu.(CNBCIndonesia)

Turki Gempa Tsunami Prancis Trending Erdogan Presiden


Loading...