Berikut Resep Pesmol Gurame Dengan Berbagai Macam Bumbu dan Rempah - Rempah, Rasanya Pedas Manis

Berikut Resep Pesmol Gurame Dengan Berbagai Macam Bumbu dan Rempah - Rempah, Rasanya Pedas Manis
Ilustrasi (Selerasa.com : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Jumat, 30 Oktober 2020 12:24 WIB

Terasjabar.id - Pesmol gurame merupakan salah satu hidangan khas Jawa Barat yang terkenal enak dan gurih. Pesmol gurame dimasak dengan berbagai macam bumbu dan rempah-rempah.

Ciri khas dari masakan ini adalah bumbu warna kuning yang berasal dari kunyit. Rasanya sangat menggugah selera. Kali ini, jika tertarik membuat hidangan lezat ini, Anda bisa berkreasi membuat pesmol gurame ala Sunda. Rasanya pedas, manis, dan gurih.

FOLLOW JUGA :

"Pesmol adalah masakan Indonesia, yang terbuat dari ikan, pesmol ikan sering dijumpai di daerah Sunda Jawa Barat, pesmol banyak disukai karena rasanya yang gurih, manis, dan pedas, selain itu pesmol juga memiliki cita rasa tersendiri yang unik dan khas," tulis Instagram @vhe.veronicaa Selamat

Jika tertarik membuat pesmol gurame ala Sunda, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan-bahan, bumbu dapur, dan rempah. Ingin tahu resep lengkap dan cara membuat pesmol gurame ala Sunda? Berikut ulasannya seperti dikutip melalui Instagram @vhe.veronicaa, Jumat (30/10/2020).


Bahan:

1 ekor ikan gurame ukuran besar
2 jeruk nipis
1 sdt garam
2 mentimun lalap, potong korek api
1 buah wortel ukuran sedang, potong korek api
250 ml santan encer
1/2 sdt lada bubuk
1 sdt garam
1 sdm gula pasir
Secukupnya Minyak goreng

Bumbu Cemplung:

2 batang serai, geprek
3 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk purut
10 cabai rawit merah utuh

Bumbu Halus:

9 siung bawang merah
4 siung bawang putih
4 butir kemiri
1 ruas jahe
2 ruas kunyit

Cara Membuat:

1. Bersihkan sisik ikan dan ingsangnya, kemudian, cuci bersih, kerat kedua sisi ikan. Lumuri dengan garam dan jeruk nipis. Diamkan selama 15 menit.
2. Goreng ikan hingga matang dan garing.
3. Tumis bumbu halus dan masukkan bumbu cemplung, masak sampai matang dan wangi. Setelah itu masukkan santan, aduk hingga rata. Masak sampai mendidih, tambahkan garam, merica bubuk dan gula pasir.
4. Masukkan wortel masak sampai wortel agak layu, kemudian masukkan timun. Terakhir masukan ikan gurame. Biarkan sampai santan agak menyusut dan bumbu meresap. Koreksi rasa. Angkat.
5. Pesmol gurame siap disajikan.

Disadur dari iNews.id

Pesmol Gurame Khas Jawa Barat Resep Cara Membuat


Loading...