Konferensi Internasional Uniku Diikuti 750 Peserta Dari 9 Negara

Konferensi Internasional Uniku Diikuti 750 Peserta Dari 9 Negara
(Dr H Dikdik Haryadi, M.Si Rektor Uniku)
Editor: Epenz Teras Kuningan —Rabu, 28 Oktober 2020 15:28 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Sebanyak 750 orang peserta turut ambil bagian saat berlangsung Konferensi Internasional forum ilmiah dunia, yang digelar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kuningan (FKIP UNIKU) melalui 1st Global Conference on Education atau GloCoNed 2020, Selasa petang (27/10-2020). Forum konferensi ilmiah Internasional ini, kali pertama digelar oleh Uniku, dimana FKIP UNIKU memasuki era baru dalam event seminar bertaraf internasional.

“First Global Conference on Education atau GloCoNed FKIP UNIKU kata Dekan FKIP Uniku Dr. Yeyen Suryani, M Si, yang dilansir jabartoday.com, Selasa petang (27/10-2020) acaranya berlangsung lancar dan sukses. Terima kasih kepada para plenary speakers: Ulana Pidzamecky dari Kanada), Prof Sukree Langputeh, Ph.D. dari Thailand, Dr. Sana Lasari Anwar dari Pakistan yang juga dosen UUM dan Dr. Iskandar Hasan dari UNIKU, (Indonesia). Dari 750 orang peserta tersebut adalah peserta dari 9 negara, di antaranya Indonesia, Filipina, Nepal, Pakistan, North Macedonia, Rumania, Azerbaijan, Bulgaria dan Kroasia. Sebuah pengalaman akademik yang mengesankan,”, sebut Yeyen.

“Saya berharap GloCoNed bisa berlangsung secara rutin setiap tahun. Dari penyelenggaran pertama ini, antusiasme peserta sungguh luar biasa. Ini di luar dugaan kami, ternyata apa yang dipersembahkan oleh FKIP UNIKU mendapat sambutan yang besar dari para peserta baik dari universitas dalam negeri maupun luar negeri. Hal itu karena isu-isu pendidikan di dunia terus berubah. Demikian juga dengan trends penelitian dan kebijakan pendidikan di berbagai negara juga bergerak dinamis,” ujar Yeyen.

Ketua Pelaksana 1st GloCoNed, Dadang Solihat, MPd. BI. selaku wakil Dekan Bidang Akademik FKIP mengungkapkan, melihat kesuksesan penyelenggaraan GloCoNed 2020, pihaknya bertekad untuk menjadikannya sebagai ajang ilmiah internasional tahunan. Untuk tahun depan, pihaknya berencana mengundang sejumlah pembicara (plenary speakers) dari Amerika Serikat, Inggris dan Australia.

“Agar nuansa internasionalnya kian terasa, tahun depan akan kami undang pembicara dari sejumlah benua dan melibatkan banyak pakar pendidikan dunia yang telah lama malang-melintang di dunia penelitian dan kebijakan pendidikan.

(Dr H Dikdik Haryadi, M.Si Rektor Uniku)

Kita berencana mengundang dari Amerika Serikat, Inggris dan Australia. Kendati demikian, para pakar dan peneliti pendidikan dari Asia tetap akan diutamakan.” tuturnya.

Daya tarik bagi para peserta ujar Dadang, yaitu artikel-artikel yang disajikan dalam 1st GloCoNed ini akan dipublikasi di prosiding terindeks Scopus dan di jurnal-jurnal nasional terakreditasi nasional Sinta, sesuai bidang kajiannya. “Insya Allah, seluruh artikel akan dimuat di prosiding terindeks scopus, dan bagi penulis yang menginginkan dipublikasi di jurnal nasional terindeks Sinta, akan kami fasilitasi juga.” pungkasnya. (H WAWAN JR)

UNIKU Pandemi Covid-19 FKIP UNIKU First Global Conference on Education


Loading...