Situasi Arus Lalin di GT Palimanan Tol Cipali Padat Merayap, Lonjakan Volume Kendaraan Terjadi Dari Arah Jakarta Menuju Jawa

Situasi Arus Lalin di GT Palimanan Tol Cipali Padat Merayap, Lonjakan Volume Kendaraan Terjadi Dari Arah Jakarta Menuju Jawa
(iNews/Fathnur Rohman : Google)
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 28 Oktober 2020 13:42 WIB

Terasjabar.id - Situasi arus lalu lintas (lalin) di Gerbang Tol (GT) Palimanan, Jalan Tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, padat merayap pada Rabu (28/10/2020) siang. Lonjakan volume kendaraan terjadi dari arah Jakarta menuju Jawa.

Kapolresta Cirebon, Kombes Pol M Syahduddi menyampaikan, meskipun volume kendaraan meningkat, antrean yang terjadi di GT Palimanan tidak begitu panjang. Dia menyebut, panjang antrean kendaraan hanya sampai 500 meter.

Menurutnya, untuk menangani lonjakan volume kendaraan ini, petugas telah menerapkan rekayasa lalin. Salah satunya adalah menindak lanjuti surat edaran dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub), untuk membatasi kegiatan operasional angkutan barang di Jalan Tol Cipali.

"Mobil truk gandengan yang mengangkut barang seperti barang galian dan tambang, kita alihkan mulai dari arah Jakarta masuk ke jalur non-tol. Baru di pintu tol Palimanan 4, kita masukan ke tol yang mengarah Jawa Tengah," kata Syahduddi di GT Palimanan, Jalan Tol Cipali, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (28/10/2020).

Syahduddi menjelaskan, sejak pukul 10.00 WIB, di jalan tol wilayah Karawang sudah memberlakukan sistem contraflow. Artinya, kata dia, lonjakan volume kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa sudah terjadi.

FOLLOW JUGA :

Dia memprediksi, puncak arus mudik libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1422 Hijriyah, masih akan terjadi hingga hari ini. Dia mengaku, seluruh personel di pos pengamanan (Pospam) GT Palimanan selalu disiagakan.

"Puncak arus mudik masih terjadi sampai hari ini. Sampai malam hari, peningkatan volume kendaraan akan terjadi. Kami siagakan personel di Pospam GT Palimanan ini," ucap Syahduddi.

Sementara itu pantauan di lokasi, ratusan kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa yang didominasi oleh mobil pribadi ini nampak mengantre di GT Palimanan. Kepadatan volume kendaraan sudah terjadi sejak pukul 10.30 WIB.

Sebelumnya pada Rabu pagi, kendaraan dari arah Jakarta menuju Jawa, masih bisa melintas dengan lancar di GT Palimanan. Volume kendaraan di GT Palimanan meningkat cukup signifikan bila dibandingkan dengan Selasa kemarin.

Sekedar diketahui, momen libur panjang mudik libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW 1422 Hijriyah ini, banyak dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya di wilayah Jakarta dan sekitarnya untuk mudik ke kampung halaman.

Disadur dari iNews.id

GT Palimanan Jalan Tol Cipali Cirebon Jawa Barat Pandemi Covid-19


Loading...