Luar Biasa, Berikut Sederet Prestasi Polres Kebumen Dipimpin AKBP Rudy, Nomor 10 Paling Keren

Luar Biasa, Berikut Sederet Prestasi Polres Kebumen Dipimpin AKBP Rudy, Nomor 10 Paling Keren
Banyak prestasi diraih Polres Kebumen selama "di nahkodai" oleh AKBP Rudy Cahya Kurniawan
Editor: Epenz Hot News —Rabu, 28 Oktober 2020 08:16 WIB

Polres Kebumen, Terasjabar.id - Menjabat sebagai Kapolres Kebumen, siapa yang tidak kenal dengan sosok humanis AKBP Rudy Cahya Kurniawan?


Wajahnya selalu berseliweran di media sosial maupun surat kabar di Kebumen. Pembawaannya yang "sumeh" dan mudah akrab dengan masyarakat gampang dikenali. 


Banyak prestasi diraih Polres Kebumen selama "di nahkodai" oleh AKBP Rudy Cahya Kurniawan.


AKBP Rudy mengungkapkan, reward yang diterima adalah usaha keras bersama para personel Polres Kebumen. 


"Alhamdulillah, sebenarnya reward ini untuk seluruh anggota Polres Kebumen yang tak pernah lelah mengabdikan diri pada masyarakat," ungkap AKBP Rudy, Selasa (27/10).


Berikut prestasi Polres Kebumen dibawah kepemimpinan AKBP Dr Rudy Cahya Kurniawan antara lain:


1. Polres Kebumen pernah meraih penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jateng pada hari Sabtu (26/9). Dalam penghargaan itu, AKBP Rudy mendapatkan penganugerahan dibidang Inovasi Kamtibmas karena trobosan kreatif hipnoterapi dalam penanganan kasus tindak pidana. 


2. AKBP Rudy mendapatkan penghargaan dari PWI Kebumen dan terpilih sebagai tokoh humanis. Penghargaan diperoleh pada hari Jumat (21/8). 


Diungkapkan ketua PWI Kebumen, Iwang, penghargaan layak diterima oleh Kapolres karena sisi humanis dalam penanganan kasus kriminal yang mengedepankan komunikasi dari hati ke hati kepada tersangka. 


AKBP Rudy menilai, setiap tersangka yang tersandung kasus Pidana masih memiliki sisi baik yang bisa dimunculkan selama menjalani hukuman. 


3. Selanjutnya atas kegigihannya mendirikan rumah baca untuk masyarakat, AKBP Rudy mendapatkan penghargaan langsung dari Kapolda Jateng Irjen Pol Ryco Amelza Dahniel saat itu.


Penghargaan sekaligus diperoleh AKBP Rudy karena telah seratus persen melakukan program unggulan Kapolda Jateng dalam waktu singkat.


Program rumah baca dibuat hingga ke seluruh Polsek jajaran di Polres Kebumen. 


4. Sat Lantas Polres Kebumen juga menunjukkan prestasinya. Hasilnya Sat Lantas Polres Kebumen mendapatkan penghargaan dari Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi pada bulan Seperti kemarin. 


Sat Lantas mendapat juara mengirimkan video pelayanan publik dengan penerapan adaptasi kebiasaan baru. 


Hal ini juga termasuk program mendukung pemerintah dalam menekan dan memutus mata rantai penyebaran virus corona covid-19 di Kebumen. 


5. Bukan hanya di tingkat Provinsi Jawa tengah, penghargaan juga diperoleh Kapolres Kebumen dari insan pers Jawa Barat. Penghargaan diperoleh AKBP Rudy pada bulan September 2020.


Insan pers Jabar yang diwakili oleh Yatiman menganggap metode penanganan kasus dengan mengedepankan sisi humanis, layak diapresiasi kepada AKBP Rudy. 


6. Pada awal mula Covid-19 merebak di Jawa Tengah Polres Kebumen mendapatkan penghargaan pembuatan lomba video. Video tentang adaptasi kebiasaan baru yang dibuat oleh Neuma Studio sebagai perwakilan Polres Kebumen mendapat juara di tingkat Polda Jateng. 


7. Sat Reskrim juga mendapat reward dari Kapolda Jateng karena penyerapan anggaran penyidikan tertinggi di Jateng. Dengan hal itu, maka berbanding lurus dengan tingginya ungkap kasus serta penyelesaian kasus Pidana di Polres Kebumen. 


Penghargaan itu diterima AKBP Rudy di Atria Hotel Magelang. 


8. Pangkas rambut keliling yang dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Poncowarno turut menyumbangkan nama harum Polres Kebumen. 


Bhabinkamtibmas Polsek Poncowarno berhasil menyisihkan ribuan Bhabinkamtibmas di wilayah Polda Jateng dan menjadi juara di tingkat Polda Jateng dalam lomba polisi teladan. 


Selain itu trobosan kreatif meliputi budidaya bonsai kelapa, potong rambut keliling gratis untuk anak-anak, dan perpustakaan keliling untuk pelajar mendapat 230 point dalam lomba yang digelar mulai tanggal 2 sampai dengan 23 Juni 2020. 


9. Inafis Sat Reskrim Polres Kebumen mendapatkan juara satu se Indonesia karena terbanyak input sidik jari digital. 


Inafis Polres Kebumen mendapat reward dari Kabareskrim Irjen Pol Idham Azis yang kini menjabat sebagai Kapolri, karena terbanyak menginput data digitalisasi AK-23 perekaman sidik jari dalam persyaratan permohonan SKCK.


Dalam beberapa kasus, sidik jari banyak membantu Kepolisian dalam melakukan ungkap kasus.


Pada beberapa kasus, sidik jari sangat ampuh dalam melakukan identifikasi seseorang.


Bahkan ketika meninggal pun, sidik jari akan tetap ada karena kode polanya tertanam begitu dalam di bawah permukaan kulit.


Cara ini yang digunakan Polres Kebumen saat mengungkap kasus penemuan mayat tanpa identitas di berbagai wilayah. 


10. Penghargaan paling keren, Polres Kebumen berhasil meraih penghargaan Prasidatama 2020 Balai Bahasa Jateng. Penghargaan dari lembaga pemerintah ini digelar di Hotel Patra Jasa, Kota Semarang, Rabu (21/10/2020).


Polres Kebumen berhasil menyisihkan 19 Polres yang sebelumnya mengirimkan berkas usulan untuk dilombakan. Hal ini bertepatan dengan Bulan Bahasa dan Sastra 2020 yang jatuh setiap bulan Oktober. (Yatiman/Humas Polres Kebumen)

Kapolres Kebumen Pandemi Covid-19 Prestasi AKBP Rudy


Loading...