Hidup di Tengah Pandemi Covid-19, Warga di Cisolok Sukabumi Buat Sabun Cuci Piring untuk Dijual

Hidup di Tengah Pandemi Covid-19, Warga di Cisolok Sukabumi Buat Sabun Cuci Piring untuk Dijual
Tribunjabar.id
Editor: Malda Teras Viral —Selasa, 27 Oktober 2020 13:00 WIB

Terasjabar.id - Sudah sekitar 8 bulan pandemi Covid-19 merebak di Indonesia sejak diumumkan pertama kali pada 2 Maret 2020.

Yang mengakibatkan banyaknya pekerja yang dirumahkan atau terkena PHK. Sehingga banyak warga menganggur dan harus bertahan hidup seadanya.

Untuk membangkitkan ekonomi warga, Relawan Rumah Zakat di Desa/Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat memberdayakan kaum ibu memproduksi sabun cuci piring untuk dijual.

Relawan Rumah Zakat Desa Cisolok, Nanan mengatakan, produksi sabun cuci piring ini sudah berjalan selama sekitar empat bulan.

"Ini kami lakukan untuk meningkatkan ketahanan pangan warga, banyak suami dari ibu-ibu ini dirumahkan. Jadi, tidak berpenghasilan, kita bantu ibu-ibu ini agar bisa membantu penghidupannya ditengah pandemi," ujarnya, Selasa (27/10/2020).

Nanan menjelaskan, kaum ibu yang jadi binaannya ini ada di 7 Rukun Warga (RW) dan 26 Rukun Tetangga (RT).

Saat ini, sudah ada ratusan botol cuci piring yang telah diproduksi. Untuk ukuran satu botol, Nanan menyebutkan, hanya berisi 600 mili yang dijual Rp 6.000.

"Kita menjualnya masih di sekitar sini, kami juga bekerjasama dengan BumDes, ke Pemerintah Kecamatan, agar penjualan bisa lebih luas," katanya.

Selain membuat sabun cuci piring, ibu-ibu ini juga diberikan pelatihan untuk membuat detergen cair. Untuk membuat detergen cair, bahan baku yang digunakannya yakni berupa Texapone, NaCl, Sttp, Edta, citrun, pewangi, pewarna dan Froam Booster dan Air PDAM yang jernih.

"Semua bahan-bahan itu diracik untuk dijadikan deterjen," ujarnya.

Untuk keberlangsungan jangka panjang produksi sabun cuci piring dan detergen cair itu, Nanan bersama ibu-ibu binaannya selalu mengevaluasi kwalitas produksi berdasarkan keluhan konsumen.

"Setiap selesai produksi, kami langsung cek kwalitas apa yang kurang dan apa yang harus dipertahankan. Pembuatan, pengemasan dan packing sabun cuci piring dan detergen cair ini langsung dilakukan di Rumah APS Kreatif salah satu binaan Rumah Zakat," ucapnya.

"Harapan kedepannya semoga produk ini menjadi ketahanan pangan unggulan desa berdaya Cisolok," ujarnya.(Tribunjabar.id)


Viral Pandemi Virus Corona Cuci Piring


Loading...