Hujan Deras Mengguyur Kabupaten Gunungkidul, Banjir Rendam Purwosari, Satu Keluarga Mengungsi

Hujan Deras Mengguyur Kabupaten Gunungkidul, Banjir Rendam Purwosari, Satu Keluarga Mengungsi
(iNews.id/Kismaya Wibowo : Google)
Editor: Epenz Hot News —Selasa, 27 Oktober 2020 08:55 WIB

Terasjabar.id – Hujan deras yang mengguyur Kabupaten Gunungkidul telah menyebabkan banjir menggenangi pemukiman warga di Kalurahan Giriasih Kapanewon/Kecamatan Purwosari, Selasa (27/10/2020). Satu keluarga terpaksa diungsikan karena genangan air hampir mencapai satu meter.

Banjir ini mulai menggenangi pemukiman warga sejak dini hari tadi. Sepanjang malam, hujan lebat mengguyur wilayah ini yang mengakibatkan dua pedukuhan, yakni Wonolagi dan Trisih terendam.

“Ada dua pedukuhan yang mengalami dampak terparah, ketinggian air sampai selutut,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gunungkidul, Edy Basuki, Selasa (27/10/2020).

FOLLOW JUGA :

Banjir di Giriasih, setidaknya merendam tiga rumah warga, salah satunya rumah yang dihuni keluarga Sarmanto (35). Mereka terpaksa mengungsi ke rumah kerabatnya untuk mengantisipasi banjir susulan. Sedangkan keluarga Ngatuan (40) dan Sugiyono masih bertahan di rumahnya.

Sementara di Pedukuhan Trisik, banjir menggenangi Kantor Kalurahan Giriasih, Kantor UPT TK dan SD Kecamatan Purwosari serta sejumlah kios. Ketinggian air sekitar 50 sentimeter (cm) atau setinggi lutut orang dewasa. Namun, menjelang siang air sudah kembali surut.

“Sepertinya banyak sampah yang menghambat masuknya air ke luweng (saluran pembuangan),” katanya.

BPBD mengimbau warga untuk hati-hati karena potensi hujan deras masih akan terjadi. Fenomena La Nina akan menyebabkan hujan, banjir dan angin kencang.

“Mari kita bersihkan saluran air, dan potong ranting pohon yang lebat,” katanya.

Disadur dari iNews.id

Hujan Deras Kabupaten Gunungkidul Banjir Kecamatan Purwosari


Loading...