Berikut Cara Membuat Gurame Goreng Renyah, Ditambah Sambal Dabu - Dabu

Berikut Cara Membuat Gurame Goreng Renyah, Ditambah Sambal Dabu - Dabu
Ilustrasi (Cookpad.com : Google)
Editor: Epenz Kuliner —Senin, 26 Oktober 2020 12:14 WIB

Terasjabar.id - Ikan gurame merupakan salah satu menu yang digemari banyak orang. Biasanya, ikan gurame paling enak diolah menjadi ikan goreng atau ikan bakar. Anda bisa menyesuaikan dengan selera.

Kali ini, jika ingin menyantap ikan gurame goreng, jangan lewatkan untuk membuat sambal dabu-dabu. Sambal segar yang terbuat dari cabai, bawang, dan tomat ini memiliki rasa pedas dan asem.

Siapa saja akan tertarik mencicipi gurame goreng. Anda bisa membuat gurame dabu-dabu seperti masakan khas Manado.

FOLLOW JUGA :

"Menu Nusantara khas dari Manado ini merupakan ikan gurame goreng yang dilengkapi dengan sambal dabu-dabu. Potongan bumbu seperti bawang merah, tomat, dan cabai yang meresap membuat daging ikan gurame menjadi gurih, pedas dan asem, sangat menggugah selera," tulis Instagram @vhe.veronicaa.

Untuk membuat gurame dabu-dabu juga tidak terlalu sulit. Sebelum gurame dibakar, Anda bisa memarinasi ikan dengan bumbu bawang putih, jeruk nipis, merica, dan garam.

Setelah beberapa lama didiamkan, ikan siap digoreng dan Anda bisa menyiapkan sambal dabu-dabu. Tertarik membuat gurame dabu-dabu? Berikut ulasan resepnya, seperti dikutip melalui Instagram @vhe.veronicaa, Senin (26/10/2020).

Bahan marinasi ikan:

1 ekor ikan gurame ukuran besar
1 jeruk nipisi
1/2 sdt merica
1 sdt bawang putih bubuk
1 sdt garam

Bahan Sambal Dabu-Dabu:

10 cabai rawit merah
8 cabai rawit hijau
10 siung bawang merah iris
1 tomat ukuran besar, belah hilangkan bijinya, dan potong dadu kecil
1/2 jeruk nipis
1 sdt terasi bakar
Secukupnya garam dan gula

Cara Membuat:

1. Cuci bersih ikan gurame lalu lumuri dengan jeruk nipis, Lumuri ikan dengan bahan marinasi diamkan 15 menit lalu goreng sampai matang dalam minyak banyak & panas. Jangan lupa dibolak-balik biar matangnya merata. Angkat, tiriskan. Tata dalam piring saji.
3. Siapkan wadah, masukkan semua bahan sambal kecuali minyak matang, aduk sampai rata tambahkan minyak matang yang masih panas aduk rata. Koreksi rasa
4. Siram di atas ikan gurame goreng. Siap disajikan.

Disadur dari iNews.id

Ikan Gurame Gurame Goreng Cara Membuat Sambal Dabu-dabu


Loading...