Polri Menggelar Operasi Zebra di Seluruh Indonesia Mulai Hari ini, 'Kami Juga Sosialisasi Protokol Kesehatan'

Polri Menggelar Operasi Zebra di Seluruh Indonesia Mulai Hari ini, 'Kami Juga Sosialisasi Protokol Kesehatan'
(Antara : Google)
Editor: Epenz Hot News —Senin, 26 Oktober 2020 09:41 WIB

Terasjabar.id - Polri menggelar Operasi Zebra di seluruh Indonesia mulai hari ini, Senin (26/10/2020) hingga 8 November 2020. Operasi lalu lintas yang rutin dilaksanakan setiap akhir tahun akan dimanfaatkan jajaran kepolisian untuk menyosialisasikan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Salah satunya dilaksanakan oleh Polda Metro Jaya. Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Sambodo Purnomo Yugo mengatakan sosialisasi akan dilakukan melalui pemberian masker hingga edukasi lewat spanduk dan pamflet.

"Edukasi protokol kesehatan kami lakukan karena Operasi Zebar dilaksanakan di masa pandemi covid-19," kata Sambodo di kawasan Pasar Rumput, Jakarta Selatan, Senin (26/10/2020).

FOLLOW JUGA :

Operasi Zebra merupakan upaya pendisiplinan masyarakat berlalu lintas yang dilakukan setiap akhir tahun yang diawali Operasi Simpatik di awal tahun dan Operasi Patuh di pertengahan tahun. Sambodo berharap dengan operasi ini masyarakat semakin tertib berlalu lintas dan juga disiplin melaksanakan protokol kesehatan.

Polisi "Hunting" Pelanggar

Dia mengatakan Operasi Zebra akan dilaksanakan polisi lalu lintas dengan jumlah personel yang telah ditentukan. Selain menjaring pelanggar secara statis di sejumlah titik, polisi juga melaksanakan penindakan secara hunting.

"Dalam pelaksanaannya kami didampingi TNI, Satpol PP, dan Dinas Perhubungan. Kalau ada pelanggaran lalu lintas polisi yang menindak dan jika ada pelanggaran protokol kesehatan akan ditindak oleh Dishub dan Satpol PP," katanya.

Sementara itu, Operasi Zebra 2020 fokus menyasar lima pelanggaran tematik yang sering terjadi di wilayah Polda Metro Jaya. Kelima pelanggaran tematik tersebut yakni melawan arus, tidak memakai helm, stop line/marka jalan, strobo, dan rotator serta melintas di bahu jalan untuk di jalan tol.

Disadur dari iNews.id

Pandemi COvid-19 Operasi Zebra Operasi Lalu Lintas Seluruh Indonesia Porokol Kesehatan


Loading...