Ridho : Santri Kader Bangsa Untuk Mengawal Agama, Bangsa dan Rakyat

Ridho : Santri Kader Bangsa Untuk Mengawal Agama, Bangsa dan Rakyat
Pelantikan Rois dan Roisah Majelis Santri Masa Khidmat 2020-2021, di Podok Pesantern Al-Amin, Desa Kertawangunan, Kec. Sindangagung, Sabtu malam (24/10/2020).
Editor: Epenz Teras Kuningan —Minggu, 25 Oktober 2020 15:21 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Pondok Pesantren, sebagai lembaga pendidikan Islam yang mengedepankan nilai-nilai akhlak, harus mampu melahirkan Santriwan dan Santriwati untuk menjadi kader bangsa yang akan mengawal agama, bangsa dan rakyat dimasa mendatang,”. Demikian ditegaskan Wabup Kuningan, H. M Ridho Suganda, saat pada Pelantikan Rois dan Roisah Majelis Santri Masa Khidmat 2020-2021, di Podok Pesantern Al-Amin, Desa Kertawangunan, Kec. Sindangagung, Sabtu malam (24/10/2020).

Berbeda dengan lembaga pendidikan lain, kata Ridho, Ponpes memilki keunggulan karena lebih menekankan pada pendidikan akhlak dan pembangunan karakter setiap peserta didiknya. Untuk kedepan para Santriwan dan Santriwati diharapkan, dapat menjadi kader bangsa dan dapat berkontribusi kepada masyarakat dengan hal-hal yang positif.

“Sejarah membuktikan bahwa, Kemerdekaan Bangsa Indonesia tidak lepas dari peran santri dan alim ulama. Sebagai narasi penerus bangsa yang berkualitas, santri merupakan individu yang memiliki dedikasi yang tinggi karena seorang santri mampu mencerdaskan bangsa dengan ilmu pengetahuan yang dimilikinya. Selama ada santri dan para alim ulama Insya Allah negara kita akan tetap jaya,” ungkap Ridho.

“Saya berharap kepada pengurus terpilih dan baru dilantik ini, dapat mengemban tugas dengan amanah. Teruslah belajar berorganisasi, karena berorganisasi merupakan langkah upaya dalam bersosialisasi, menyampaikan ide, gagasan, dan belajar menghargai orang lain,” Pemilihan itu sendiri merupakan salah satu bentuk proses demokrasi, pungkasnya.

Sementara itu, usai melantik 8 orang Rois dan Roisah Majelis Santri, pengasuh Ponpes Al-Amin, Kiyai Ence Burhanudin, memaparkan bahwa, menjadi seorang pemimpin merupakan tanggung jawab kita semua, termasuk Rois dan Roisah sebagai pengurus organisasi majelis santri. “Harus amanah dalam menjalani tugas dan tanggung jawab sebagai pengurus majelis santri, serta harus menjadi contoh yang baik seluruh santri,” ungkapnya. (H Aboy)

Wabup Kuningan Pondok Pesantren Santriawan Santriawati Kader Bangsa


Loading...