Kabid PAUD Carlan : Satu Kecamatan Satu TK Negeri Pembina

Kabid PAUD Carlan : Satu Kecamatan Satu TK Negeri Pembina
(Rapat koordinasi Program Pendidikan di Aula Kantor Disdikbud Jl Raya Sukamulya Kuningan)
Editor: Epenz Teras Kuningan —Minggu, 25 Oktober 2020 15:03 WIB

Kuningan, Terasjabar.id - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan merencanakan Program Pembangunan TK Negeri Pembina dimana nantinya di setiap kecamatan di kabupaten Kuningan terdapat minimal satu TK Negeri Pembina.

Hal itu dikemukakan Kabid PAUD-Dikmas Disdikbud Kuningan Elon Carlan, M.Pd, Minggu (25/10-2020) menindakkanjuti hasil 'rakor' pendidikan bersama Bupati H Acep Purnama dan Bunda PAUD Hj Ika di Aula Kantor Dinas setempat Jl Raya Sukamulya, yang dilaksanakan Jumat (23/10-2020).

(Kabid PAUD dan Dikmas Dinas Pendikbud Kuningan Elon Carlan, M.Pd)

Elon Carlan, M.Pd memaparkan dari 32 kecamatan sudah clear di 5 Kecamatan ada TK Negeri di antaranya Kec.Kramatmulya, Kec.Pasawahan, Kec.Ciawigebang, Kec.Cigandamekar dan Kec.Garawangi. Elon menjelaskan pada tahun 2021 nanti untuk pembangunan TK negeri yang baru ini adalah mendapatkan anggaran dari tugas pembantuan sebesar 45 Miliar, yang nanti nya akan di bagi 27 kecamatan untuk pembangunan TK Negeri Pembina. Kemudian untuk pembangunannya akan di lakukan kajian yang tempatnya tidak berdekatan dengan TK Swasta. “Dari 27 Kecamatan dalam perjalanannya setelah di lakukan validasi dan verifikasi data ternyata ada 19 TK Swasta yang ingin menjadi TK Negeri”, ungkap Elon Carlan.

(Drs H Uca Somantri, M.Si Kadisdikbud Kuningan)

Terpisah Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Drs. H. Uca Somantri, M.Si, menjelaskan Taman kanak-kanak (TK) adalah salah satu bentuk satuan PAUD jalur pendidikan formal yang menyelenggarakan program pendidikan bagi anak berusia 4 - 6 tahun.

Jumlah TK di Kabupaten Kuningan saat ini sebanyak 282 lembaga di antaranya TK Negeri 6 lembaga ( TK Negeri Pembina CIlowa Kec. Kramatmulya, TK Negeri Unggulan Cikaso Kec.Kramatmulya, TK Negeri Pembina Kec. Pasawahan, TK Negeri Pembina Kec.Ciawigebang, TK Negeri Pembina Kec. Cigandamekar, TK Negeri Pembina Kec.Garawangi ) dan TK Swasta 276 Lembaga. Sedangkan di kecamatan ada TK swasta yang ingin menjadi TK Negeri Pembina harus memenuhi 9 syarat dan tahapan untuk mengubah status TK Swasta menjadi TK Negeri. Persyaratan ini bisa menghubungi Kabid PAUD dan Dikmas, ujarnya.

(Rapat koordinasi Program Pendidikan di Aula Kantor Disdikbud Jl Raya Sukamulya Kuningan)

Bupati H Acep Purnama dan Bunda PAUD Hj. Ika Acep, mengapresiasi giat rencana optimalisasi pembangunan TK Negeri Pembina di Kab.Kuningan yang diagendakan tahun 2021. Mudah-mudahan dalam perjalanannya bisa terealisasi dengan baik dan lancar, harapnya optimis. (H WAWAN JR)

Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan


Loading...