332 Peserta Ikuti Kemah Bhakti Di 'Buper' Raksa Buana Sadamantra

332 Peserta Ikuti Kemah Bhakti Di 'Buper' Raksa Buana Sadamantra
Editor: Malda Teras Viral —Sabtu, 24 Oktober 2020 08:24 WIB

Terasjabar.id - Sebanyak 332 orang peserta ikuti Kemah Bhakti Pendidikan Kesetaraan yang digagas oleh Bidang Pembinaan PAUD Disdikbud Kabupaten Kuningan di Bumi Perkemaham Raksa Buana Desa Sadamantra Kecamatan Jalaksana, Kuningan selama 3 hari. Kegiatan "Kemah Bhakti" tersebut dibuka oleh Bupati H Acep Purnama, Jumat (23/10/2020).

Kadisdikbud Kuningan Drs H Uca Somantri, M.Si didampingi Kabid PAUD & Dikmas E Carlan, M.Pd menjelaskan, Kemah Bhakti Pendidikan Kesetaraan merupakan program bidang Pembinaan Paud dan Dikmas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan. yang dilaksanakan selama 3 (23-25 Oktober 2020) diikuti 332 peserta terdiri dari 221 orang siswa dan 111 orang Pembina, dari 46 lembaga.

Gambar

Kemah Bhakti ini lanjut Uca Somantri, bertujuan untuk meningkatkan mutu Pendidikan Kesetaraan Paket B dan paket, memupuk sikap disiplin, gotong royong, dan solidaritas peserta perkemahan sehingga dapat meningkatkan kreatifitas dan kualitas SDM yang dimiliki, memupuk jiwa sportifitas bagi peserta perkemahan dalam berkompetisi, serta terjalinnya silaturahmi, rasa kebersamaan, dan kekeluargaan antar warga. Bahkan lebih semarak karena diwarnai festival dan lomba-seperti cerdas cermat dan pidato, sebagai tolak ukur prestasi peserta Kemah Bhakti Tahun 2020, ungkapnya.

Sementara itu, Bupati H Acep Purnama dalam sambutannya, menyampaikan bahwa, parameter keberhasilan seseorang bukan karena ia berasal dari lulusan sekolah formal ataupun non formal. Dalam hal ini yang bisa menjamin keberhasilan adalah diri sendiri, yaitu dengan tetap berusaha menggapainya. Kegiatan ini pesan Acep, agar memproritaskan protokol kesehatan 3M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak). Laksanakan 3M dalam setiap kegiatan.

Gambar

Khusus kepada tutor Acep berharap, agar tetap berkomitmen melaksanakan program pendidikan kesetaraan. "Laksanakan program pendidikan kesetaraan secara terintegrasi dan berkelanjutan sebagai upaya untuk menyelenggarakan pendidikan sepanjang hayat dan harus lebih optimis karena siswa-siswi anak didik bisa membuktikan kemampuannya" ujarnya. Pogram ini menurut Acep sangat mendukung untuk mewujudkan Kuningan sebagai Kota Pendidikan sekaligus meningkatkan indeks pembangunan manusia (IPM) demi terwujudnya Kuningan, MAJU, pungkasnya.

Kabid PAUD&Dikmas E Carlan, M.Pd mengatakan, data Peserta Didik Total berdasarkan input Dapodik per 30 September 2020 tercatat 8.290 Orang terdiri dari 5.044 Orang Laki-Laki dan 3.246 Orang Perempuan. Sedangkan, Tutor yang ada di PKBM Se Kab Kuningan sebanyak 354 Orang dengan rincian 218 Laki-Laki dan 136 Perempuan. Untuk PKBM dari 51 yang ada 22 PKBM terakreditasi dan 15 PKBM dalam proses akreditasi tahun 2020.
(H WAWAN JR)

Sadamantra Kuningan Kemah Bhakti


Loading...