Proses Vaksinasi Covid-19 Kepada Masyarakat Sumut Akan Dimulai Pada November Mendatang

Proses Vaksinasi Covid-19 Kepada Masyarakat Sumut Akan Dimulai Pada November Mendatang
(Humas Pemprov Sumut Via iNews.id)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 23 Oktober 2020 13:21 WIB

Terasjabar.id - Proses vaksinasi Covid-19 kepada masyarakat Sumatera Utara (Sumut) akan dimulai pada November mendatang. Vaksinasi ini akan diberikan kepada usia 18-59 tahun dan rentan terpapar Covid-19.

Sekretaris Dinas Kesehatan Sumut, Aris Yudhariansyah mengatakan, sudah menerima surat dari Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI SR.02.06/II/10950/2020 per tanggal 19 Oktober 2020. Surat itu berisi tentang pemberitahuan rencana pelaksanaan imunisasi Covid-19

"Mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan Vaksin dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19, maka rencana pelaksanaan pemberian imunisasi Covid-19 secara bertahap mulai November 2020," kata Aris, Jumat (23/10/2020).

FOLLOW JUGA :

Pada imunisasi tahap awal, kelompok yang diberikan yakni mereka yang rentan terpapar mulai dari tenaga medis, asisten kesehatan, dan tenaga penunjang layanan kesehatan. Setelah itu, kelompok kedua yang diberikan yakni mereka yang bertugas di layanan publik.

"Prioritas lain yang ditetapkan berdasarkan kajian epidemiologi dan kebijakan operasional imunisasi Covid-19 yakni petugas layanan publik yang berhadapan langsung dengan masyarakat," ucapnya.

Kemudian untuk kelompok risiko tinggi lainnya, yaitu kelompok pekerja yang merupakan kelompok usia produktif dan berkontribusi pada sektor perekonomian dan pendidikan, serta penduduk yang tinggal di tempat berisiko seperti kawasan padat penduduk.

"Selanjutnya para kontak erat Covid-19, yaitu orang yang memiliki riwayat kontak dengan kasus probable atau konfirmasi. Berikutnya administrator pemerintahan dalam bidang pelayanan publik," ucapnya.

Disadur dari iNews.id

Pandemi Covid-19 Vaksinasi Covid-19 Sumatera Utara


Loading...