Menhan Prabowo Subianto Menggelar Pertemuan Dengan Menhan Prancis, Bahas Kerja Sama Pertahanan

Menhan Prabowo Subianto Menggelar Pertemuan Dengan Menhan Prancis, Bahas Kerja Sama Pertahanan
(detikNews : Google)
Editor: Epenz Hot News —Jumat, 23 Oktober 2020 13:17 WIB

Terasjabar.id - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menggelar pertemuan bilateral dengan Menhan Prancis Florence Parly. Pertemuan digelar di Kantor Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Prancis, Paris, Rabu, 21 Oktober 2020.

Prabowo tidak sendiri saat bertemu Parly. Dia didampingi Dubes Indonesia untuk Prancis, Arrmanatha Nasir, Asisten Khusus Menhan, dan Atase Pertahanan. Dalam pertemuan tersebut, kedua Menhan membahas perkembangan situasi dan dinamika kawasan Indo-Pasifik.

Prancis menaruh perhatian khusus karena sekitar 1,6 juta warganya berada di kawasan Indo-Pasifik. Dalam konteks ini, kedua menhan menegaskan pentingnya menjaga stabilitas dan keamanan kawasan.

Kedua Menhan secara spesifik juga membahas kerangka kerja sama pertahanan ke depan. Beragam kemajuan telah dicapai dalam mempererat kerja sama pertahanan kedua negara tahun ini.

FOLLOW JUGA :

"Saya mencatat kemajuan yang cukup pesat dari kemitraan strategis Indonesia-Prancis di bidang pertahanan dalam setahun ini. Indonesia ingin terus mengembangkan kerja sama dengan Prancis di berbagai sektor pertahanan termasuk dalam memperkuat alutsista TNI dan memajukan kapasitas industri pertahanan Indonesia sebagai bagian dari global production chain produk alutsista," kata Prabowo seperti dikutip dari laman KBRI Prancis, Jumat (23/10/2020).

Diketahui, lawatan ke Perancis menjadi kali kedua Prabowo dalam satu tahun terakhir. Pada kunjungan pertama 13 Januari 2020, Prabowo dan Parly sepakat membuat Perjanjian Kerja Sama Bidang Pertahanan (Defense Cooperation Agreement/DCA).

Perjanjian tersebut, akan memayungi kerja sama pertahanan secara komprehensif. Mulai dari kerja sama bidang pendidikan dan latihan militer, keamanan maritim, pemberantasan terorisme, pengembangan industri pertahanan hingga penguatan kapasitas dalam penanganan bencana seperti pandemi Covid-19 yang saat ini melanda kedua negara.

Dalam kaitan tersebut, kedua Menhan meminta agar tim perunding dapat segera menyelesaikan DCA. Tujuannya, agar DCA segera ditandatangani pada akhir tahun, sebagai bagian dari peringatan HUT ke-70 tahun hubungan diplomatik Prancis dan Indonesia.

Sekadar informasi, sebelum menyambangi Prancis, Prabowo telah lebih dahulu berkunjung ke Amerika Serikat (AS).

Disadur dari iNews.id

Menhan Prabowo Subianto Pandemi Covid-19 Kemenhan Prancis Kerjasama Pertahanan


Loading...