Jokowi Desak Hilirisasi Batu Bara Demi Tekan Impor LPG

Jokowi Desak Hilirisasi Batu Bara Demi Tekan Impor LPG
CNN Indonesia
Editor: Malda Teras Viral —Jumat, 23 Oktober 2020 10:09 WIB

Terasjabar.id -- 

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta proses hilirisasi produksi batu bara di dalam negeri dipercepat guna menekan impor gas bumi yang dicairkan (Liquified Petroleum Gas/LPG).

Sebab, hilirisasi bisa menciptakan produk baru berupa metoksimetana (Dimethyl Ether/DME) sebagai subtitusi LPG yang selama ini dikonsumsi masyarakat. 

"DME yang sangat penting sebagai subtitusi LPG, di mana kita tahu LPG kita masih impor, sehingga bisa mengurangi impor LPG kita," ujar Jokowi saat membuka Rapat Terbatas Percepatan Peningkatan Nilai Tambah Batu Bara di Istana Kepresidenan Bogor, Jumat (23/10). 

Selain menekan impor LPG, kepala negara mengatakan hilirisasi batu bara juga bisa menekan kebutuhan bahan baku impor di sektor industri lain. Misalnya, industri baja hingga petrokimia. 

Hilirisasi juga bisa memberi manfaat bagi peningkatan nilai tambah dari komoditas mentah batu bara yang selama ini langsung diekspor ke luar negeri.

Padahal, bila batu bara mentah diolah dulu di dalam negeri menjadi bahan baku setengah jadi dan jadi penuh, bisa membuat nilainya meningkat berkali-kali lipat. 

"Yang tidak kalah pentingnya kita bisa membuka lapangan kerja yang sebanyak-banyaknya," katanya. 

Untuk itu, Jokowi meminta para jajaran menteri dan pihak-pihak terkait agar bisa mempercepat proses hilirisasi batu bara. Ia juga menyebut perlu peta jalan (road map) yang jelas mengenai rencana hilirisasi tersebut. 

"Kita semua harus bergeser dari negara pengekspor bahan mentah dan salah satunya adalah batu bara, menjadi negara industri yang mampu mengolah bahan mentah menjadi barang jadi ataupun barang setengah jadi," tekannya. 

Lebih lanjut, Jokowi ingin road map hilirisasi batu bara berisi strategi dan target terkait produk turunan apa saja yang akan diproduksi dan dibutuhkan industri.

Selain itu, juga turut ditentukan berapa banyak volume produksi, wilayah cadangan komoditas, lokasi produksi yang akan dikembangkan, hingga pasarnya. 

"Pastikan wilayah yang memiliki cadangan batu bara yang cukup untuk menjamin pasokan dan kebutuhan batu bara dalam proses hilirisasi ini," katanya. 

Sementara untuk bentuk hilirisasi, ia mengatakan proses-proses yang bisa dilakukan mulai dari peningkatan mutu industri atau upgrading.

Lalu, diteruskan dengan memproduksi briket batu bara, kokas, pencairan batu bara, gasifikasi batu bara sampai dengan campuran batu bara. 

"Untuk saya minta road map optimalisasi pemanfaatan batu bara di dalam negeri betul-betul dipercepat dengan penerapan teknologi yang ramah lingkungan," tuturnya.(CNN)

Jokowi Impor Gas Batu bara


Loading...