Pemprov Jabar Mengadakan Upacara Peringatan Hari Santri di Gedung Sate Bandung, 'Jika Santri Sehat Bisa Melewati Pandemi, Indonesia Kuat' Ujar Gubernur Jabar

Pemprov Jabar Mengadakan Upacara Peringatan Hari Santri di Gedung Sate Bandung, 'Jika Santri Sehat Bisa Melewati Pandemi, Indonesia Kuat' Ujar Gubernur Jabar
(ist/iNews.id : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 22 Oktober 2020 10:52 WIB

Terasjabar.id - Pemerintah Provinsi Jawa Barat mengadakan upacara peringatan Hari Santri di Gedung Sate, Bandung, Kamis (22/10/2020). Acara ini mengusung tema Santri Sehat, Indonesia Kuat.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menyebut saat ini seluruh negara termasuk Indonesia sedang dilanda pandemi Covid-19. Namun dia meyakini santri dan pesantren bisa melawan pandemi virus corona.

"Saya yakin jika keluarga pesantren dan santri sehat bisa melewati pandemi, insyaallah negara kita sehat dan kuat," ucap Ridwan Kamil yang membacakan sambutan Menteri Agama Fachrul Razi di Bandung, Kamis.

FOLLOW JUGA :

Pria disapa Kang Emil ini mengatakan meski pesantren rentan terjadi penularan Covid-19, tapi mereka bisa mencegah dan menangani virus corona. Hal tersebut bukti nyata pesantren mempunyai kemampuan menangani pandemi.

"Tidak dipungkiri pengalaman pesantren dalam pencegahan dan pengendalian dampak pandemi bukti nyata pesantren mempunyai kemampuan. Modal utama kedisplinan," kata dia.

Hari Santri, kata dia diputuskan oleh Presiden Joko Widodo pada 22 Oktober 2015. Peringatan Hari Santri ini berawal resolusi jihad atas fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Resolusi jihad melahirkan peristiwa heroik 10 November 1945, yang kita peringati sebagai Hari Pahlawan," ucap dia.

Selain Hari Santri, pemerintah juga membuat Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2019 tentang Pesantren. Aturan ini sedang dibahas aturan turunan presiden dan Kementerian Agama.

Disadur dari iNews.id

Pemprov Jabar Gedung Sate Bandung Hari Santri 2020 Upacara Ridwan Kamil


Loading...