Tiga Guru di SD Pemalang Jateng Positif Covid-19, Puluhan Siswa hingga Orang Tua Murid Dites Swab

Tiga Guru di SD Pemalang Jateng Positif Covid-19, Puluhan Siswa hingga Orang Tua Murid Dites Swab
(iNews/Suryoono Sukarno : Google)
Editor: Epenz Hot News —Kamis, 22 Oktober 2020 09:10 WIB

Terasjabar.id - Tiga guru di sekolah dasar negeri 01 Kejambon, Kecamatan Taman, Pemalang, Jawa Tengah (Jateng) positif Covid-19. Akibatnya, puluhan murid dan orang tua menjalani uji tes swab dan isolasi mandiri.

Dari pantauan iNews, satu persatu siswa sekolah ini menjalani uji swab yang dilakukan di Puskesmas Jebed.
Orang tua siswa juga ikut dites. Tak hanya siswa, guru dan kepala yang kontak erat dengan pengajar positif dites swab juga.

Kepala SD Negeri 01 Kejambon, Umsiah menyebutkan saat ini ketiga guru yang terkonfirmasi Covid-19. Mereka sudah menjalani isolasi mandiri di rumah masing- masin. Sebelum diketahui terjangkit virus corona, semua guru setiap harinya tetap berangkat ke sekolah.

FOLLOW JUGA :

Siswa dites swab karena setiap hari ada saja murid yang datang ke sekolah. Mereka kebingungan dengan sistem belajar daring.

"Jadi hasil swab guru kami itu positif. Makanya kami langsung tes swab. Tapi tidak semua siswa kontak langsung dengan ibu guru. Mereka yang diswab diutamakan untuk kelas 1dan 3," ucap Umsiah.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Jebed, Setiawan mengatakan, karena yang dites anak-anak maka dibutuhkan penanganan lebih. Petugas medis juga harus pintar berinteraksi dengan anak agar mereka tidak lari ketakutan. Puskesmas juga memberikan hadiah berupa balon dan bola plastik untuk siswa yang selesai dites swab.

"Yang cewek nanti dapat balon, yang cowok dapat bola," ucap Setiawan saat menyapa anak-anak sebelum tes swab.

Setiawan memastikan, ketiga guru SD di Kejambon tidak ada yang dirawat. Semua isolasi mandiri karena tidak memiliki gejala.

"Kalau di SDN Kejambon itu ada tiga, mereka enggak ada yang dirawat karena tidak ada gejala. Semuanya isolasi mandiri," katanya.

Disadur iNews.id

Pandemi Covid-19 Jawa Tengah Guru Tes Swab Isolasi Mandiri


Loading...