Payment Sistem, dan Koperasi Prioritas 100 Hari Kerja Perumda AU

Payment Sistem, dan Koperasi Prioritas 100 Hari Kerja Perumda AU
Editor: Malda Teras Viral —Rabu, 21 Oktober 2020 15:12 WIB

Terasjabar.id,Kuningan - Restrukturisasi sarana dan prasarana penunjang, organisasi, dan unit-unit usaha pariwisata, merupakan prioritas utama dalam 100 hari kerja pertama. Hal itu disampaikan Direktur Perusahaan Umum Daerah Aneka Usaha (Perumda AU), Dr Nana Sutisna, SE, MM, CSMA. saat Peresmian Kantor Perumda AU dan penandatanganan Perjanjian bersama Mitra dan Payment System di obyek wisata Waduk Darma, Selasa (20/10-2020).

Program kerja yang dilakukan yaitu, pemasangan payment system dan penggalaan penggunaan pembayaran non-tunai di objek wisata yang dikelola Perumda Aneka Usaha, serta pembukaan unit usaha baru yaitu, Koperasi Pangan Amanah dan menangani kitoran hwan (Kohe) menjadi pupuk, papar Dr Nana.

Gambar

Pemasangan payment system ini merupakan kerja sama dengan BRI. Penggunaan digital payment ini nantinya akan ada di setiap tujuan destinasi wisata. diberikan QR Code scan. Diharapkan dengan menggunakan sistem ini dapat memberikan jasa layanan perbankan data yang lebih transparan serta mengurangi adanya sirkulasi uang kartal/uang fisik. Dusamping itu, dapat meningkatkan kesejahteraan dan juga dapat meningkatkan sisi akuntabilitas dari Perumda karena secara sistem sudah tersentralisasi sistem keuangan, ungkapnya.

Selama ini ujar Dr Nana, biasanya menggunakan tiket, kini para pengunjung bisa menggunakan digital payment seperti OVO, DANA, GOPAY, LinkAja, dan sebagainya sebagai pengganti tiket dengan cara melakukan scan QR code yang terdapat di lokasi wisata yaitu, Waduk Darma dan 5 obyek wisata lainnya seperti OW Cigugur, Paniis, Singkup, Talaga Remis, dan Talaga Nilem dalam waktu dekat akan menyusul menggunakan digital payment, imbuhnya Kemudahan lainnya system Digital Payment ini, yaitu bisa langsung melakukan jurnal secara otomatis di laporan keuangan. Saat ini jumlah pengungjung yang datang ke unit usaha pariwisata, total ada 330.000 orang yang hadir. 50% nya berkunjung ke Darma. Selain melakukan kerjasama dengan BRI, Perumda AU juga melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan SMKN 1 Cilimus, Koperasi Usaha Bermasa Masyarakat – Kabupaten Garut, Koperasi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Jakarta, Koperasi KSU Karya Nugraha Jaya Kuningan, dan PT. Karya Fertilindo Prima, terangnya. (H WAWAN JR)

Koperasi Perumda AU Kuningan


Loading...